Note

Jokowi Resmikan Pabrik Minyak Makan Merah Pertama di RI

· Views 18
Jokowi Resmikan Pabrik Minyak Makan Merah Pertama di RI
Foto: Tangkapan layar YouTube Sekretariat Presiden.
Jakarta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan pabrik minyak makan merah di Deli Serdang, Sumatera Utara. Ini menjadi pabrik minyak makan merah pertama di Indonesia yang akan mengolah langsung kelapa sawit dari petani menjadi minyak makan.

Jokowi mengatakan pabrik ini merupakan salah satu contoh penerapan hilirisasi. Dia mengatakan petani tak perlu lagi menjual tandan buah segar (TBS) dari kelapa sawit secara mentah-mentah, namun petani bisa mengerahkan TBS ke pabrik ini kemudian dijadikan minyak yang memiliki nilai tambah.

"Ini lah yang namanya hilirisasi. Jangan jual TBS, jangan jual CPO, kalau bisa jadikan barang jadi seperti ini, ini bagus sekali. Kita ingin nilai tambah itu ada di dalam negeri," kata Jokowi dalam sambutannya, Kamis (14/3/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jokowi memaparkan Indonesia memiliki 15,3 juta hektare kebun kelapa sawit dan 40,5% di antaranya adalah milik petani. Artinya ada 6,2 juta hektare kebun kelapa sawit adalah milik petani. Pabrik minyak makan merah ini, kata Jokowi akan memberikan nilai tambah besar bagi para petani sawit.

"Oleh sebab itu, kita bangun pabrik minyak makan merah, ini yang pertama kali dan ini kita harapkan dapat memberikan nilai tambah yang baik bagi para petani sawit, utamanya yang sudah dalam bentuk koperasi," kata Jokowi.

Dengan pabrik ini, Jokowi bilang para petani tak perlu khawatir lagi dengan pergerakan harga tandan buah segar kelapa sawit. Karena di pabrik ini sawit bisa dijadikan produk yang lebih memiliki daya jual.

"Jadi harga TBS tidak naik dan turun karena di sini semuanya diolah menjadi barang jadi, yaitu minyak makan merah," ujar Jokowi.

(hal/rrd)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.