Note

Minyak Mendidih Lagi, Saham MEDC hingga ELSA Melesat Berjamaah

· Views 25
Minyak Mendidih Lagi, Saham MEDC hingga ELSA Melesat Berjamaah
Minyak Mendidih Lagi, Saham MEDC hingga ELSA Melesat Berjamaah. (Foto: Freepik)

IDXChannel – Saham emiten minyak dan gas (migas) utama melonjak pada perdagangan Kamis (14/3/2024) seiring harga komoditas energi acuannya menguat lagi.

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI), pukul 09.36 WIB, saham PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) melejit 7,89 persen ke level Rp1.435 per saham.

Baca Juga:
Minyak Mendidih Lagi, Saham MEDC hingga ELSA Melesat Berjamaah Harga Saham Turun, NFCX-MCAS Masuk Radar BEI

Penguatan ini membuat saham MEDC sudah naik 4,74 persen dalam sepekan dan 20,68 persen dalam sebulan.

Saham PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG) juga terapresiasi, yakni 2,88 persen, bersama PT Elnusa Tbk (ELSA) yang bertambah 2,65 persen.

Baca Juga:
Minyak Mendidih Lagi, Saham MEDC hingga ELSA Melesat Berjamaah Harga CPO Sentuh Level Tertinggi dalam 8 Bulan, Intip Gerak Sahamnya

Tidak ketinggalan, saham PT Radiant Utama Interinsco Tbk (RUIS) menghijau 1,60 persen, PT Apexindo Pratama Duta Tbk (APEX) terangkat 1,20 persen, dan PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) mendaki 0,86 persen.

Mengutip Reuters, Kamis (14/3), harga minyak mentah kembali terapresiasi di sesi perdagangan Asia pada Kamis setelah penurunan mengejutkan dalam stok minyak mentah AS mengindikasikan penguatan permintaan.

Baca Juga:
Minyak Mendidih Lagi, Saham MEDC hingga ELSA Melesat Berjamaah Divestasi Tuntas, Vale (INCO) Gelar Rights Issue 603 Juta Saham

Di samping itu, kemungkinan gangguan pasokan menyusul serangan Ukraina terhadap kilang Rusia juga mendukung harga minyak.

Kontrak berjangka (futures) minyak jenis brent naik 0,12 persen, menjadi USD84,13 per barel, sedangkan minyak mentah West Texas Intermediate (WTI) AS menguat 0,9%, menjadi USD79,79 per barel.

Kedua kontrak tersebut telah meningkat sekitar 3% ke level tertinggi empat bulan pada Rabu karena meningkatnya prospek permintaan AS dan meningkatnya risiko geopolitik.

Serangan drone Ukraina terhadap fasilitas penyulingan Rusia berlanjut untuk hari kedua pada hari Rabu, menyebabkan kebakaran di pabrik Rosneft, kilang terbesar dalam salah satu serangan paling serius terhadap sektor energi Rusia dalam beberapa bulan terakhir.

Setelah merusak Lukoil dengan parah, kilang di Nizhny Novgorod pada hari Selasa, Ukraina menyerang kilang di wilayah Rostov dan Ryazan, kata pejabat Rusia.

Di Ryazan, serangan drone menyebabkan kebakaran di kilang Rosneft. Dua sumber yang mengetahui situasi tersebut mengatakan kepada Reuters, kilang tersebut terpaksa menutup dua unit penyulingan minyak utama.

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan kepada negara-negara barat pada Rabu dalam sebuah wawancara dengan media pemerintah bahwa Rusia secara teknis siap untuk perang nuklir.

Dari sisi permintaan, stok minyak mentah AS turun secara tak terduga karena peningkatan pengolahan dan penurunan persediaan bensin di tengah kuatnya permintaan menjelang musim mengemudi di musim panas, Badan Informasi Energi (EIA) mengatakan pada Rabu.

Persediaan minyak mentah mengakhiri peningkatan enam pekan berturut-turut dengan turun 1,5 juta barel menjadi 447 juta barel pada pekan yang berakhir 8 Maret, kata EIA, dibandingkan dengan ekspektasi analis dalam jajak pendapat Reuters yang memperkirakan kenaikan 1,3 juta barel.

Kenaikan harga minyak di tengah serangan Ukraina tersebut menambah sentimen lainnya, seperti risiko geopolitik yang sedang berlangsung di Timur Tengah dan berlanjutnya pengurangan pasokan dari OPEC+. (ADF)

Disclaimer: Keputusan pembelian/penjualan saham sepenuhnya ada di tangan investor.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.