Note

Analisis GBP/USD untuk 13 Maret. Pound Inggris memiliki potensi penurunan yang terbatas

· Views 30

Analisis GBP/USD untuk 13 Maret. Pound Inggris memiliki potensi penurunan yang terbatas

Analisis wave untuk pasangan GBP/USD masih cukup jelas dan, pada saat yang sama, rumit. Konstruksi bagian tren turun baru terus berlanjut, gelombang pertama berbentuk sangat memanjang. Gelombang kedua juga ternyata berlangsung cukup lama, sehingga memberi kita alasan untuk memperkirakan gelombang ketiga akan berlangsung lama.

Saat ini saya belum yakin pembangunan gelombang 2 atau b sudah selesai. Gelombang 2 atau b telah berbentuk tiga gelombang namun kembali menjadi lebih kompleks karena kenaikan harga Pound pada minggu lalu. Secara teoritis, gelombang 2 atau b dapat meluas hingga 100% dari gelombang 1 atau a. Upaya yang gagal untuk menembus level 1,2876, yang setara dengan 76,4% menurut Fibonacci, mungkin mengindikasikan penyelesaian tren naik yang telah lama ditunggu-tunggu.

Target penurunan pasangan ini dalam asumsi gelombang 3 atau c berada di bawah level 1,2039, sesuai dengan titik terendah gelombang 1 atau a. Sayangnya, analisis gelombang cenderung menjadi lebih kompleks dan tidak sesuai dengan latar belakang berita. Saat ini, saya tidak mengabaikan skenario kerja, namun pasar tidak melihat motif penjualan jangka panjang pasangan ini.

Bulls mungkin akan segera mengalami kemunduran dalam skala besar, namun hal tersebut belum dimulai.

Pasangan GBP/USD naik hanya 10 basis poin pada hari Rabu. Perubahan pada nilai pasangan mata uang ini kemungkinan tidak akan mempengaruhi pola gelombang saat ini. Jika mata uang Eropa memiliki alasan untuk melemah pada hari Rabu, maka pound berada pada level 50/50. Di Inggris hari ini, dua laporan lagi dirilis. PDB pada bulan Januari tumbuh sebesar 0,2%, sejalan dengan ekspektasi pasar. Artinya, laporan ini bisa dikatakan tidak mengejutkan para pelaku pasar. Pada saat yang sama, produksi industri pada bulan Januari turun 0,2%, dengan ekspektasi sebesar 0%. Berdasarkan hal ini, dapat diasumsikan bahwa akan ada permintaan lebih lanjut terhadap pound Inggris. Namun pada awal sesi Amerika, permintaan pound kembali meningkat.

Tidak ada latar belakang berita di Amerika saat ini, namun laporan yang paling menarik telah dirilis pada bulan Januari. Izinkan saya mengingatkan Anda bahwa Nonfarm Payrolls melebihi ekspektasi pasar, namun tingkat pengangguran ternyata lebih buruk. Laporan ADP dan JOLTS netral, dan tingkat inflasi naik menjadi 3,2%, yang secara umum sejalan dengan perkiraan para ekonom. Akibatnya, statistik Amerika tidak membantu pasar memecahkan teka-teki sulit yang disebut "Apa yang harus dilakukan selanjutnya dengan dolar?".

Kita juga tidak bisa berharap banyak dari pertemuan FOMC pada 20 Maret. Dengan probabilitas 99,9%, suku bunga akan tetap pada level yang sama, dan retorika Jerome Powell kemungkinan tidak akan melemah, mengingat laporan inflasi terbaru. Namun pasar tidak melihat alasan untuk meningkatkan permintaan dolar, bahkan dengan suasana hati The Fed saat ini. Jika tidak berubah, kecil kemungkinan pasar tiba-tiba ingin membeli mata uang AS.

Kesimpulan umum.

Pola gelombang pada instrumen GBP/USD masih menunjukkan penurunan. Saat ini, saya sedang mempertimbangkan untuk menjual instrumen dengan target yang terletak di bawah angka 1,2039, karena saya yakin gelombang 3 atau c akan dimulai cepat atau lambat. Namun demikian, hingga wave 2 atau b selesai (dengan probabilitas seratus persen), kita dapat memperkirakan instrumen akan naik ke level 1,3140, yang setara dengan Fibonacci 100,0%. Upaya yang berhasil untuk menembus angka 1,2877, yang setara dengan Fibonacci 76,4%, akan menunjukkan kesiapan pasar untuk lebih meningkatkan permintaan. Namun saat ini belum berhasil sehingga pembangunan gelombang 3 atau c bisa saja sudah dimulai.

Pada skala gelombang yang lebih besar, gambarannya mirip dengan pasangan EUR/USD, namun masih terdapat beberapa perbedaan. Tren korektif menurun terus berlanjut, dan gelombang kedua telah berbentuk memanjang – hingga 61,8% dari gelombang pertama. Upaya yang gagal untuk menembus level ini dapat menyebabkan dimulainya pembangunan gelombang 3 atau c.

Prinsip utama analisis saya:

Struktur gelombang harus sederhana dan mudah dimengerti. Struktur yang kompleks sulit untuk dimainkan, seringkali membawa perubahan.

Jika tidak ada keyakinan terhadap apa yang terjadi di pasar, lebih baik tidak memasukinya.

Tidak pernah ada keyakinan 100% terhadap arah pergerakan. Jangan lupakan perintah stop-loss yang protektif.

Analisis gelombang dapat dikombinasikan dengan jenis analisis dan strategi trading lainnya.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.