Note

Jalur mana yang akan diambil EUR/USD?

· Views 20

Musim semi menghampiri setiap orang secara berbeda. Gubernur Bank of France dan anggota Dewan Pengurus ECB Francois Villeroy de Galhau menyebutkan bahwa Bank Sentral Eropa akan menurunkan suku bunganya pada musim ini. Namun, ia merinci musim semi di Eropa akan berlangsung pada bulan April hingga Juni. Meskipun pasar mengantisipasi bulan kedua, de Galhau tidak menampik kemungkinan memulai pelonggaran kebijakan moneter pada bulan April. Hal ini tidak mengejutkan, mengingat inflasi Perancis sudah dekat dengan target 2%. Namun demikian, situasinya berbeda-beda di negara-negara Zona Euro lainnya, dan ECB bukanlah aktor tunggal dalam skenario teatrikal ini.

Dinamika Inflasi Perancis

Jalur mana yang akan diambil EUR/USD?

Pada tahun 2024, pasar keuangan terpaku pada waktu dimulainya penurunan suku bunga secara massal oleh bank sentral terkemuka di dunia. Pergeseran kebijakan The Fed dari bulan Maret ke Juni menjadi pendorong utama penguatan dolar AS pada bulan Januari – Februari. Pada pergantian musim dingin dan musim semi, investor mencapai konsensus dengan perkiraan The Fed pada bulan Desember, sehingga menghilangkan dolar dari kartu truf utamanya. Pada bulan Maret, negara ini menyerahkan kepemimpinan dalam perlombaan mata uang di antara Sepuluh Besar kepada pound Inggris.

Saat ini, pasar sedang menunggu perkiraan suku bunga FOMC yang diperbarui. Apakah Bank Sentral tetap berpegang pada posisi sebelumnya yaitu tiga tindakan ekspansi moneter, atau siap melakukan dua tindakan saja? Dalam kasus pertama, tidak ada yang berubah—investor akan terus memperkirakan dimulainya bulan Juni, dan EUR/USD kemungkinan akan memperkuat posisinya. Dalam kasus kedua, waktunya akan bergeser ke bulan Juli atau September, yang akan menyeret euro ke bawah $1,08.

Namun, upaya untuk memprediksi tanggal dimulainya proses pelonggaran kebijakan moneter bukanlah satu-satunya cara untuk memperkirakan dinamika masa depan pasangan mata uang utama. Nordea Markets menganalisis cadangan bank di AS dan Zona Euro dan menyimpulkan bahwa setelah sedikit kenaikan di atas 1,1, EUR/USD akan menurun.

Dinamika EUR/USD dan rasio cadangan bank

Lihat juga: Anda dapat buka akun trading di sini.
Jalur mana yang akan diambil EUR/USD?

Pendapat ini bertentangan dengan posisi HSBC yang memperkirakan penguatan dolar AS dalam jangka pendek dan euro dalam jangka menengah. Namun, jika semua orang selalu berdiri di sisi yang sama, pembeli tidak akan memiliki rekanan dalam transaksi tersebut.

Menurut pendapat saya, tanggal mulainya penting, namun di masa depan, investor akan tertarik pada kecepatan penurunan suku bunga. Dan jika The Fed, karena perekonomiannya yang kuat, tidak mampu melakukan pelonggaran kebijakan moneter pada setiap pertemuan FOMC, maka dengan ECB, ceritanya akan berbeda. Kelemahan Zona Euro mengharuskan penurunan suku bunga deposito tidak hanya pada bulan Juni tetapi juga pada bulan Juli. Oleh karena itu, teori Nordea Markets tampak lebih masuk akal bagi saya dibandingkan teori HSBC.

Jalur mana yang akan diambil EUR/USD?

Bagaimanapun, EUR/USD tidak menerima petunjuk yang diperlukan dari pasar tenaga kerja dan statistik inflasi di AS dan sekarang menantikan pertemuan The Fed pada bulan Maret. Tentu saja, nasib pasangan mata uang utama akan ditentukan di sana.

Secara teknis, pada grafik hariannya, ada upaya pembeli untuk memainkan bar doji dan membawa kuotasi melampaui kisaran nilai wajar di level 1.079–1.0945. Jika berhasil, pola pembalikan 1-2-3 dapat terbentuk, atau tren naik dapat dipulihkan. Kegagalan akan memungkinkan penjualan EUR/USD.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.