Note

MIND ID Siap Tebus Right Issue INCO

· Views 42

Pasardana.id-  PT Mineral Industri Indonesia atau MIND ID akan membeli  14 persen kepemilikan saham pada PT Vale Indonesia Tbk (IDX: INCO) dengan dua cara.

Pertama, MIND ID akan menebus pelaksanaan Penambahan Moda Dengan Memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu(PMHMETD) atau right issue INCO.

Tak cukup menebus right issue milik sendiri, MIND ID  juga akan menebuh right issue pengalihan dari Vale Canada Limited (VCL), Sumitomo Metal Mining Co. Ltd. (“SMM”), dan Vale Japan Limited (“VJL).

Rencananya, INCO akan menerbitkan sebanyak-banyaknya 603.445.814 saham baru bernominal Rp25 per lembar atau setara 5,73 persen dari modal ditempatkan dan setor penuh.

Right issue akan dihelat dalam rentang 12 bulan setelah restu pemodal dalam Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada tanggal 19 April 2024.  

Dana hasil right issu tersebut akan digunakan sebagai belanja modal dan modal kerja, sehingga memperkuat struktur permodalan dalam pengembangan bisnis atau kegiatan usaha penyelenggaraan pertambangan.

Dalam keterangan resmi INCO pada laman Bursa Efek Indonesia(BEI), Rabu(13/3/2024) bahwa secara bersamaan MIND ID membeli saham lama milik milik VCL, SMM, dan VJL.

Jika ditotal, MIND ID akan menambah kepemilikan pada INCO sebesar 14 persen. Alhasil berpeluang menguasai 34 persen atau menjadi pemegang saham mayoritas INCO.

Hal itu berdasarkan syarat dan ketentuan yang diatur dalam perjanjian-perjanjian definitif terkait transaksi pelaksanaan Kewajiban Divestasi Saham yang ditandatangani oleh VCL, MIND ID, dan SMM dan berlaku efektif sejak tanggal 26 Februari 2024.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.