Note

Bantu Restrukturisasi Mesin Industri Mamin, Kemenperin Siapkan Rp 20 M!

· Views 8
Bantu Restrukturisasi Mesin Industri Mamin, Kemenperin Siapkan Rp 20 M!
Ilustrasi produk makanan dan minuman - Foto: Istimewa/ Unsplash.com
Jakarta

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berupaya meningkatkan kinerja industri makanan dan minuman (mamin) dalam negeri. Direktur Industri Minuman, Hasil Tembakau dan Bahan Penyegar Kemenperin Merrijantij Punguan Pintaria mengatakan, salah satu kebijakan yang disiapkan adalah restrukturisasi mesin dan peralatan industri mamin.

Anggaran yang disiapkan untuk tahun ini mencapai Rp 20 miliar. Menurutnya, Kemenperin masih menunggu aturan hukumnya terbit agar bisa segera direalisasikan.

"Untuk tahun ini ada alokasi anggaran sebetulnya total Rp 20 miliar di makanan dan minuman, namun masih terkendala dalam payung hukum yang belum terbit. Ini masih coba kami kejar pada kuartal pertama, sehingga bisa kami realisasikan sampai dengan Desember," katanya saat ditemui di Jakarta, Rabu (13/3/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Restrukturisasi mesin dan peralatan industri ini menyasar 20 perusahaan dengan rincian 10 industri minuman dan 10 industri makanan. Mekanisme yang bakal digunakan adalah sistem reimburse bagi perusahaan.

Adapun masing-masing perusahaan sektor mamin bisa mendapat Rp 1 miliar dalam program ini. Hal ini berdasarkan pengalaman yang dilakukan Kemenperin pada industri lainnya.

"Targetnya 20 perusahaan, 10 di minuman dan 10 di makanan. Namun itu tergantung dengan nilai reimburse, karena kita ini masih berproses, seperti apa yang udah ada saat ini di industri hasil hutan dan perkebunan, di industri pengolahan kayu itu maksimal reimburse yang didapatkan hanya Rp 1 miliar," bebernya.

Jika kebutuhan restrukturisasi lebih kecil dari Rp 1 miliar per perusahaan, maka jumlah penerima manfaat bisa lebih dari 20 perusahaan.

"Nah nanti kalau di mamin kita akan coba melihat karena kan belum ditetapkan nih, kalau memang masih sama dengan Rp 1 miliar jadi targetnya itu Rp 20 miliar. Tapi kalau misalnya nilai reimburse-nya itu di bawah Rp 1 miliar dan atau membagi belanja industrinya tidak terlalu tinggi ini bisa lebih dari 20 perusahaan," ujar dia.

(kil/kil)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.