Note

KCI Gandeng Jepang buat Pasok Suku Cadang KRL

· Views 11
KCI Gandeng Jepang buat Pasok Suku Cadang KRL
Sejumlah penumpang menunggu kedatangan KRL Commuter Line Manggarai-Bogor di Stasiun Manggarai, Jakarta, Rabu (1/11/2023)/Foto: ANTARA FOTO/TRI MEILANI AMELIYA
Jakarta

PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) kembali menggandeng berbagai pihak untuk meningkatkan layanan Commuter Line atau KRL. Setelah bekerja sama untuk pengadaan sarana KRL dengan PT INKA (Persero) dan CRRC Sifang dari China, KCI bekerja sama dengan JRTM Jepang untuk pengadaan suku cadang KRL.

Perjanjian kerja sama (MoU) antara KCI dan JRTM diteken pada Rabu (13/3) setelah melakukan penandatanganan Kontrak Kerja Sama Pengadaan Suku Cadang KRL periode ke-2 dengan jangka waktu multi years atau Long Term Purchase Agreement (LTPA) dengan periode kerja sama 2024-2027. Direktur Utama KCI Asdo Atriviyanto, mengatakan bahwa kerja sama yang saling menguntungkan ini akan terus berlanjut dalam rangka mendukung kelancaran operasional Perkeretaapian di masa mendatang khususnya di wilayah Jabodetabek.

"Pada lima tahun terakhir PT KCI terus menjalin kerja sama dengan pihak Jepang dalam pengadaan suku cadang, peningkatan kompetensi pegawai dan hal-hal lain guna mendukung KRL di Indonesia dapat beroperasi dengan baik," ujar Asdo dalam keterangan resmi, Rabu (13/3/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Asdo pun menjelaskan bahwa kontrak kerja sama LPTA yang telah ditandatangani KCI dan JRTM memiliki total nilai investasi kerja sama dari tahun 2024 sampai 2027 dengan nilai Rp 734 miliar.

"Dengan total investasi nilai kerja sama LTPA ini untuk memastikan ketersediaan suku cadang dan perawatan sarana KRL berjalan dengan baik untuk kebutuhan operasional pelayanan KAI Commuter selama tiga tahun ke depan," tuturn Asdo.

Selain penandatanganan kontrak kerja sama LTPA terkait Pengadaan suku cadang KRL, Asdo menjelaskan pihaknya juga melakukan penandatanganan MoU dengan JRTM Jepang meliputi:

- Perpanjangan umur teknis untuk seri JR 205 dengan program peremajaan;
- Mempromosikan dan bekerjasama dalam perawatan dan pengelolaan penyediaan jasa suku cadang;
- Pelatihan dan transfer knowledge untuk mendukung dan mempersiapkan implementasi peremajaan sarana;
- Pertukaran tenaga ahli;
- Penyediaan suku cadang dan manajemen persediaan;
- Bidang lainnya yang terkait.

Sebelum agenda penandatanganan, KC pun telah melakukan kunjungan ke MLIT (Ministry of Land, Infrastructure, Transport and Tourism) Japan atau Kementerian Infrastruktur dan Transportasi Jepang didampingi oleh Athub KBRI untuk menjalin hubungan baik dan kerja sama dalam pengembangan layanan KCI.

Sebagai operator KRL, Asdo menjelaskan KCI saat ini telah mengangkut dan melayani rata-rata pengguna 1 juta lebih orang per hari di seluruh wilayah operasionalnya. Corporate Secretary KCI Anne Purba, mengatakan pihaknya terus berupaya memberikan pelayanan terbaik dengan berkolaborasi banyak pihak sehingga tercipta ekosistem transportasi urban terbaik di Indonesia yang memudahkan masyarakat dalam bermobilisasi. Kerjasama dan berkolaborasi dengan berbagai pihak pun terus dibuka untuk peningkatan layanan kepada pengguna KRL.

"Transportasi publik seperti KRL harus terus berkembang agar target 2 juta lebih pengguna per hari tercapai. KAI Commuter juga harus siap mengembangkan layanan diluar Jabodetabek dan mendorong pemerintah untuk melakukan elektrifikasi di berbagai wilayah Indonesia," pungkas Anne.

(ara/ara)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.