Note

Pembayaran Dividen Perusahaan Global Capai Rp25.800 Triliun pada 2023, Rekor Tertinggi

· Views 14
Pembayaran Dividen Perusahaan Global Capai Rp25.800 Triliun pada 2023, Rekor Tertinggi
Pembayaran Dividen Perusahaan Global Capai Rp25.800 Triliun pada 2023, Rekor Tertinggi. (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Pembayaran dividen perusahaan secara global mencapai sebesar USD1,66 triliun atau sekitar Rp25.800 triliun pada 2023, angka tertinggi sepanjang masa.

“Arus kas perusahaan di sebagian besar sektor tetap kuat dan hal ini mendorong lebih banyak pembayaran dividen dan pembelian kembali saham,” kata Ben Lofthouse, kepala pendapatan ekuitas global di Janus Henderson, dilansir dari Reuters pada Rabu (13/3/2024).

Baca Juga:
Pembayaran Dividen Perusahaan Global Capai Rp25.800 Triliun pada 2023, Rekor Tertinggi Pasca Bagi Dividen Jumbo, Begini Prospek Saham BBNI Versi Analis

Menurut laporan Janus Henderson Global Dividend Index (JHGDI), pencapaian ini sebagian besar ditopang sektor perbankan.

Sektor perbankan membayarkan dividen sebesar USD220 miliar pada 2023, peningkatan sebesar 15% dari 2022. Suku bunga yang tinggi akhir-akhir ini mengerek margin bank-bank.

Baca Juga:
Pembayaran Dividen Perusahaan Global Capai Rp25.800 Triliun pada 2023, Rekor Tertinggi Setoran Dividen BUMN Ditargetkan Sebesar Rp85 Triliun di 2024

Di sisi lain, pembayaran dividen perusahaan pertambangan mengalami penurunan sepanjang 2023. Lemahnya harga komoditas membebani pendapatan penambang.

“Di luar kedua sektor ini (perbankan dan pertambangan), yang dampaknya sangat besar, kami melihat pertumbuhan yang menggembirakan dari berbagai industri seperti kendaraan, utilitas, perangkat lunak, makanan dan teknik, yang menunjukkan pentingnya diversifikasi portofolio,” kata laporan JGHDI.

Baca Juga:
Pembayaran Dividen Perusahaan Global Capai Rp25.800 Triliun pada 2023, Rekor Tertinggi BMRI Bagikan Dividen Rp33,06 Triliun dari Laba 2023

Tahun lalu, 86% perusahaan tercatat meningkatkan atau mempertahankan pembayaran dividen. Pembayaran dividen terbesar dicatat Microsoft, Apple, dan Exxon Mobil.

Pada 2022, pembayaran dividen perusahaan secara global mencapai sebesar USD1,57 triliun. Tahun ini, angkanya diperkirakan kembali naik menjadi sebesar USD1,72 triliun

Secara geografis, Eropa (tidak termasuk Inggris), merupakan pendorong pertumbuhan utama, menyumbang dua perlima pertumbuhan global.
 
Jepang juga merupakan kontributor utama, meskipun hal ini sedikit tertahan oleh melemahnya yen.

Meskipun Amerika Serikat memberikan kontribusi paling signifikan karena ukurannya yang besar, tingkat pertumbuhan sebesar 5,1% sejalan dengan rata-rata global.

Dividen di pasar negara berkembang pada dasarnya datar, dengan penurunan tajam di Brasil dan pertumbuhan yang lesu di China. (WHY)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.