Note

Harga Minyak Naik Tipis, Terdorong Proyeksi OPEC

· Views 21
Harga Minyak Naik Tipis, Terdorong Proyeksi OPEC
Harga Minyak Naik Tipis, Terdorong Proyeksi OPEC. (Foto: Freepik)

IDXChannel - Minyak mentah berjangka (futures) West Texas Intermediate (WTI) dan Brent masing-masing menguat tipis pada Rabu (13/3/2024).

Harga minyak WTI dan Brent masing-masing menguat 0,69 persen dan 0,65 persen pada pukul 09.22 WIB di level USD78 per barel dan USD 82,4 per barel.

Baca Juga:
Harga Minyak Naik Tipis, Terdorong Proyeksi OPEC Investor Tunggu Dividen, Saham BBRI dan BBCA Sentuh All-Time High Lagi

Meski demikian, melansir Trading Economics, WTI dan Brent mengalami penurunan masing-masing 1,3 persen dan 0,61 persen dalam sepekan terakhir setelah sempat mengalami reli dua pekan lalu.

Minyak mentah kembali menjauh dari posisi terendah dua minggu karena prospek permintaan global yang kuat.

Baca Juga:
Harga Minyak Naik Tipis, Terdorong Proyeksi OPEC Deretan Saham Pilihan Analis Ini Layak Dikoleksi Usai Libur Panjang

OPEC mengatakan dalam laporan bulanannya bahwa permintaan minyak global diperkirakan meningkat sebesar 2,25 juta barel per hari pada tahun 2024 dan sebesar 1,85 juta barel per hari pada tahun 2025, tidak berubah dari perkiraan sebelumnya.

Kelompok ini juga menaikkan perkiraan pertumbuhan ekonominya untuk tahun ini, dengan alasan adanya ruang untuk perbaikan.

Baca Juga:
Harga Minyak Naik Tipis, Terdorong Proyeksi OPEC Pasca Bagi Dividen Jumbo, Begini Prospek Saham BBNI Versi Analis

Selain itu, data industri menunjukkan bahwa persediaan minyak mentah Amerika Serikat (AS) secara tak terduga turun sebesar 5,521 juta barel pada minggu lalu, yang merupakan tanda sehatnya permintaan di negara konsumen minyak terbesar dunia tersebut.

Sementara itu, harga minyak berada di bawah tekanan pada hari Selasa karena data inflasi AS lebih tinggi dari perkiraan, namun ekspektasi penurunan suku bunga dari The Federal Reserve (The Fed) untuk tahun ini tetap berlanjut.

Analis dari ANZ dalam sebuah catatan mengatakan minyak mentah diperdagangkan dalam kisaran yang ketat karena para pedagang menunggu perkiraan permintaan dari laporan bulanan tiga lembaga minyak utama.

“Meskipun kami yakin perkiraan tersebut sebagian besar tidak akan berubah, kejutan kenaikan apa pun akan meredakan kekhawatiran terhadap permintaan,” sambung ANZ, mengacu pada data OPEC, Badan Energi Internasional (IEA), dan Administrasi Informasi Energi (EIA).

Harga minyak pada hari sebelumnya juga tidak berubah banyak karena meredanya kekhawatiran pasokan minyak terkait dengan konflik yang sedang berlangsung di Timur Tengah.

Prospek gencatan senjata antara Israel dan Palestina memudar selama bulan suci Ramadan. Meski begitu, konflik Israel-Hamas tidak menyebabkan gangguan pasokan yang signifikan.

Tak hanya itu, meskipun ada pemotongan produksi sukarela dari beberapa produsen utama aliansi OPEC+, produksi minyak OPEC meningkat pada bulan Februari sebesar lebih dari 200.000 barel per hari (bpd) dibandingkan bulan Januari. Kenaikan didorong oleh produksi yang lebih tinggi di Libya, yang dikecualikan dari pengurangan pasokan OPEC+.

Produksi minyak mentah dari seluruh anggota OPEC melonjak 203.000 barel per hari dari bulan Januari menjadi 26,57 juta barel per hari pada bulan Februari, berdasarkan laporan OPEC’s Monthly Oil Market Report (MOMR) pada Selasa (12/3).

Peningkatan produksi terbesar datang dari Libya, yang tidak termasuk dalam pemotongan produksi OPEC+ karena situasi keamanannya yang tidak stabil, serta dari Nigeria, yang kinerjanya lebih buruk dibandingkan produksi dalam beberapa tahun terakhir, karena kurangnya investasi dan seringnya sabotase dan pencurian pada jaringan pipa darat oleh milisi lokal. (ADF)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.