Note

Minyak mentah akan diuntungkan dari USD yang lebih lemah

· Views 23

Minyak mentah Brent mengalami kenaikan sebesar 7% sejak awal tahun ini, namun harga tetap relatif stabil di kisaran $82,5 per barel selama lima minggu terakhir. Stabilitas ini dipandang positif oleh Kuwait dalam hal permintaan, meskipun ada kekhawatiran bahwa pengurangan produksi lebih lanjut oleh OPEC+ mungkin membatasi pengaruh aliansi tersebut terhadap pasar minyak global. Proyeksi Rystad Energy menunjukkan bahwa pangsa produksi global aliansi ini dapat turun menjadi 34% pada bulan Juni, terendah sejak pembentukannya pada tahun 2016, turun dari 38% pada tahun 2022.

Meredanya kekhawatiran atas gangguan pasokan akibat serangan Houthi di Laut Merah baru-baru ini telah mengakibatkan kontraksi signifikan dalam selisih antara kontrak berjangka Brent dan WTI, sehingga membawa volatilitas pasar ke titik terendah sejak tahun 2021.

Kontrak berjangka minyak mentah menyebar

Minyak mentah akan diuntungkan dari USD yang lebih lemah

Perbedaan yang mengecil mengarah ke prospek pasar yang bearish, namun jenis Brent tetap cenderung menuju konsolidasi, didukung oleh komitmen OPEC+ untuk memangkas produksi, perlambatan produksi minyak AS, ketahanan ekonomi AS terhadap latar belakang tingginya suku bunga Federal Reserve, indikasinya pemulihan PDB Eropa, dan peningkatan permintaan dari Tiongkok.

Khususnya, impor minyak Tiongkok dalam dua bulan pertama tahun ini meningkat sebesar 5,1% tahun-ke-tahun menjadi 10,74 juta barel per hari. Namun, investor Brent disarankan untuk tetap berhati-hati, karena kenaikan tersebut mungkin bersifat sementara, dipengaruhi oleh perayaan Tahun Baru Imlek, dengan perkiraan akan terjadi perlambatan setelahnya.

Volatilitas pasar minyak

Lihat juga: Anda dapat buka akun trading di sini.
Minyak mentah akan diuntungkan dari USD yang lebih lemah

Salah satu faktor yang mengkhawatirkan adalah peningkatan ekspor minyak Iran ke level tertinggi sejak 2018, menyusul keluarnya Presiden Donald Trump dari perjanjian nuklir dengan Teheran dan penerapan kembali sanksi.

Depresiasi dolar AS terhadap mata uang utama memberikan dorongan bagi kenaikan Brent. Indikasi Jerome Powell mengenai penurunan suku bunga federal funds dalam waktu dekat dan statistik pasar tenaga kerja AS yang menunjukkan perlambatan perekonomian dan berkurangnya tekanan inflasi telah membuat dolar rentan. Hal ini berbeda dengan Bank Sentral Eropa dan Bank of England yang menunda pelonggaran moneter, serta Bank of Japan yang berencana memperketat kebijakan moneter.

Minyak mentah akan diuntungkan dari USD yang lebih lemah

Pukulan tambahan terhadap dolar mungkin berasal dari tren disinflasi yang sedang berlangsung di AS. Jika data harga konsumen dan inflasi inti yang akan datang memenuhi ekspektasi, spekulasi mengenai Federal Reserve yang akan memulai ekspansi moneter pada bulan Mei dapat menjatuhkan indeks USD sehingga mendukung harga minyak.

Dari sudut pandang teknis, minyak mentah Brent sedang mengalami fase konsolidasi pada grafik harian, dengan harga berfluktuasi antara $81,5 dan $84 per barel. Pelanggaran batas bawah yang salah telah membuka jalan bagi para pedagang untuk memulai posisi buy karena harga melambung di atas nilai wajar $82,65.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.