Note

EUR/USD: analisis teknikal pada 12 Maret. Inflasi AS menjadi fokus

· Views 22

Hai, para trader yang budiman! Pada hari Senin, pasangan EUR/USD turun ke level koreksi 50,0% - 1,0918. Rebound dari level ini akan menguntungkan mata uang Eropa. Jadi, EUR/USD dapat melanjutkan pertumbuhan ke arah level Fibonacci 61,8% - 1,0970. Jika harga menetap di bawah level 1,0918, ini juga berarti penetapan di bawah channel tren naik. Dalam hal ini, sentimen trading akan berubah menjadi bearish. Saya memperkirakan penurunan ke arah level koreksi 38,2% di level 1,0866.

EUR/USD: analisis teknikal pada 12 Maret. Inflasi AS menjadi fokus

Situasi gelombang masih cukup jelas. Gelombang naik terakhir yang telah selesai menembus puncak gelombang sebelumnya (dari 12 Februari) dengan penuh keyakinan. Gelombang turun terakhir bahkan tidak mendekati titik terendah sebelumnya. Dengan demikian, saat ini, EUR/USD telah mengikuti tren naik dan tidak ada satu pun gelombang yang menandakan penyelesaiannya. Gelombang naik yang baru berhasil menembus puncak pada 22 Februari dan masih berlangsung. Hasilnya, saya memperkirakan serangan bulls yang lebih kuat dalam waktu dekat, yang saat ini sudah berlangsung. Meskipun dukungan latar belakang informasi lemah, bulls terus menyerang. Satu-satunya tanda yang mungkin dari perubahan tren menjadi bearish hari ini adalah penutupan di bawah koridor naik.

Tidak ada latar belakang informasi pada hari Senin dan aktivitas trader sangat rendah. Hari ini, kemungkinan besar, situasinya akan sebaliknya. Pada pagi hari, laporan inflasi telah dirilis di Jerman, tetapi para trader tidak memperhatikannya. Namun, indeks harga konsumen turun menjadi 2,5% pada bulan Februari. Sore hari, laporan harga konsumen AS akan dirilis, yang jauh lebih penting. Para trader memperkirakan bahwa inflasi akan tetap berada di tingkat 3,1%, sementara inflasi inti mungkin turun menjadi 3,7%. Jika IHK aktual lebih tinggi, trader bearish akan memiliki kesempatan untuk melancarkan serangan balik. Inflasi yang tinggi akan berarti bahwa Federal Reserve mungkin masih akan berhenti menurunkan suku bunga sejenak.

Lihat juga: Mulai trading Forex dengan broker level Eropa!
EUR/USD: analisis teknikal pada 12 Maret. Inflasi AS menjadi fokus

Pada grafik 4 jam, EUR/USD naik ke level korektif 61,8% - 1,0959. Rebound dari level 1,0959 akan mendukung mata uang AS dan memungkinkan penurunan menuju level 1,0862. Jika harga menetap di atas level 1,0959, ini akan meningkatkan peluang pertumbuhan lebih lanjut menuju level Fibonacci berikutnya di 76,4% - 1,1081. Koridor tren naik saat ini mencirikan sentimen trading sebagai bullish. Hanya penutupan di bawahnya yang akan mengindikasikan bahwa bears dapat melancarkan serangan balik berskala besar. Divergensi bearish pada indikator CCI meningkatkan kemungkinan pembalikan arah yang mendukung dolar.

Komitmen Trader (COT)

EUR/USD: analisis teknikal pada 12 Maret. Inflasi AS menjadi fokus

Pada pekan pelaporan terakhir, para spekulan menutup 5.209 kontrak beli dan 8.666 kontrak jual. Sentimen kelompok non-komersial tetap bullish, tetapi terus melemah. Jumlah total kontrak beli saat ini adalah 200 ribu, sedangkan kontrak jual sebesar 133 ribu. Saya masih yakin bahwa situasi akan terus berubah untuk mendukung bears. Kenaikan telah mendominasi pasar terlalu lama. Kini, mereka membutuhkan latar belakang informasi yang kuat untuk mempertahankan tren naik. Sekarang, saya tidak melihat itu. Pada saat yang sama, jumlah total posisi beli terbuka lebih kecil daripada jumlah posisi jual (625K berbanding 656K). Namun, keseimbangan kekuatan ini telah diamati selama beberapa waktu.

Kalender ekonomi untuk AS dan Uni Eropa

UNI EROPA: Indeks harga konsumen Jerman akan dirilis pada 07-00 UTC

AS: indeks harga konsumen yang akan dirilis pada 12-30 UTC

Pada tanggal 12 Maret, kalender ekonomi berisi dua laporan. Data inflasi AS tentu saja menonjol. Pengaruh latar belakang informasi pada sentimen pasar pada sore hari dapat sangat besar.

Prospek dan kiat trading pada EUR/USD

Trader dapat mempertimbangkan posisi jual pada EUR/USD dengan kondisi rebound dari level 1,0959 pada grafik 4 jam dengan target di level 1,0918 dan level 1,0866. Kita juga dapat mengambil posisi jual saat instrumen ditutup pada grafik 1 jam di bawah koridor naik dengan target di level 1,0801. Posisi beli akan relevan jika EUR/USD terkonsolidasi di atas level 1,0862 pada grafik 4 jam dengan target 1,0932. Target telah tercapai. Trader dapat membuka posisi beli baru saat instrumen ditutup di atas level 1,0959 dengan target 1,1081.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.