Note

Prospek GBP/USD pada 12 Maret. Apakah Pound sedang menuju ke bawah?

· Views 27

Analisis GBP/USD 5M

Prospek GBP/USD pada 12 Maret. Apakah Pound sedang menuju ke bawah?

GBP/USD memulai pergerakan turun pada hari Senin dan bahkan menembus garis tren. Namun, hal ini tidak terlalu berarti karena garis tren memiliki sudut yang sangat curam, sehingga hampir semua retracement ke bawah akan menghasilkan terobosan. Hal krusialnya adalah harga terus bertahan di atas garis Kijun-sen, jadi kami tidak memperkirakan penurunan signifikan pada Pound. Tentu saja, jika harga menembus garis kritis, harga bisa jatuh hingga ke Senkou Span B. Secara keseluruhan, kami memperkirakan pound akan turun. Namun, pasar terus mengabaikan dolar AS, mengabaikan faktor makroekonomi dan fundamental, sehingga pergerakannya saat ini hampir tidak masuk akal.

Pada hari Senin, tidak ada informasi penting. Setelah satu setengah minggu pertumbuhan, koreksi telah diantisipasi. Namun koreksi ini tidak memberikan prospek khusus bagi dolar AS. Jika laporan inflasi AS hari ini tidak sesuai ekspektasi pasar, dolar bisa melemah. Harga belum mampu menembus garis kritis.

Berbicara tentang sinyal trading, hanya ada satu sinyal dan terbentuk selama sesi Asia dengan kesalahan 2 pips. Harga rebound dari level 1.2863, namun pada pembukaan sesi Eropa, harga belum bergerak jauh dari titik formasi. Oleh karena itu, Anda dapat membuka short position. Dan pada akhir hari, harga telah turun hampir ke level 1.2786, sehingga posisi penjualan dapat ditutup secara manual. Keuntungannya sekitar 40 pips, yang cukup bagus untuk "Senin yang membosankan".

Laporan COT

Lihat juga: Mulai trading Forex dengan broker level Eropa!
Prospek GBP/USD pada 12 Maret. Apakah Pound sedang menuju ke bawah?

Laporan COT pada pound Inggris menunjukkan bahwa sentimen trader komersial sering berubah dalam beberapa bulan terakhir. Garis merah dan biru, yang mewakili net position trader komersial dan non-komersial, terus-menerus berpotongan dan, dalam banyak kasus, tetap mendekati angka nol. Menurut laporan terbaru mengenai pound Inggris, kelompok non-komersial membuka 10.300 kontrak beli dan menutup 1.700 kontrak jual. Hasilnya, net position trader non-komersial meningkat 12.000 kontrak dalam seminggu. Terlepas dari kenyataan bahwa net position spekulan meningkat, latar belakang fundamental masih belum memberikan dasar untuk pembelian jangka panjang Pound Sterling.

Grup non-komersial saat ini memiliki total 102,000 kontrak beli dan 43,900 kontrak jual. Bulls mempunyai keuntungan besar. Namun, dalam beberapa bulan terakhir, kita telah berulang kali menghadapi situasi yang sama: net position naik atau turun, kenaikan atau penurunan memiliki keuntungan. Karena laporan COT tidak memberikan perkiraan akurat mengenai perilaku pasar saat ini, kita harus meneliti gambaran teknis dan laporan ekonomi. Analisis teknis menunjukkan bahwa ada kemungkinan Pound akan menunjukkan pergerakan turun yang nyata, namun saat ini tidak ada sinyal jual pada jangka waktu mana pun.

Analisis GBP/USD 1H

Prospek GBP/USD pada 12 Maret. Apakah Pound sedang menuju ke bawah?

Pada grafik 1 jam, GBP/USD melanjutkan tren naik setelah periode datar selama tiga bulan. Laporan ekonomi dan latar belakang fundamental tidak mendukung pound Inggris, tetapi kita telah melihat hal serupa pada paruh kedua tahun 2023. Saat itu, pound Inggris juga meningkat tanpa alasan yang jelas. Jika harga berkonsolidasi di bawah garis tren, kita berharap dolar akan memulai fase korektif kecil. Namun saat ini, laporan inflasi AS dapat merusak segalanya. Alternatifnya, pasar mungkin menunjukkan reaksi yang tidak logis terhadap laporan tersebut.

Pada 12 Maret, kami menyoroti level-level penting berikut: 1.2215, 1.2269, 1.2349, 1.2429-1.2445, 1.2516, 1.2605-1.2620, 1.2691, 1.2786, 1.2863, 1.2981-1.2987. Garis Senkou Span B (1.2666) dan garis Kijun-sen (1.2781) juga dapat berfungsi sebagai sumber sinyal. Jangan lupa untuk menetapkan Stop Loss untuk mencapai titik impas jika harga telah bergerak ke arah yang diinginkan sebesar 20 pips. Garis indikator Ichimoku dapat bergerak sepanjang hari, jadi hal ini harus diperhitungkan saat menentukan sinyal trading.

Pada hari Selasa, Inggris akan merilis laporan dengan signifikansi moderat: mengenai upah, pengangguran, dan klaim pengangguran. Laporan-laporan ini mungkin hanya memancing reaksi pasar lokal. Acara utama hari ini adalah data inflasi CPI AS untuk bulan Februari. Investor akan mencermati apakah nilai-nilai terbaru sesuai perkiraan atau tidak.

Deskripsi grafik:

Level support dan resistance adalah garis warna merah tebal di dekat mana tren mungkin berakhir. Level ini tidak memberikan sinyal trading;

Garis Kijun-sen dan Senkou Span B merupakan garis indikator Ichimoku, diplot ke jangka waktu 1 jam dari jangka waktu 4 jam. Garis ini memberikan sinyal trading;

Level ekstrim merupakan garis merah tipis di mana harga memantul sebelumnya. Level ini memberikan sinyal trading;

Garis warna kuning adalah garis tren, kanal tren, dan pola teknis lainnya;

Indikator 1 pada grafik COT menunjukkan ukuran net position untuk setiap kategori trader;

Indikator 2 pada grafik COT menunjukkan ukuran net position untuk grup Non-komersial.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.