Note

Prospek EUR/USD pada 12 Maret. Senin yang membosankan dengan segala kejayaannya

· Views 25

Analisis dari EUR/USD 5M

Prospek EUR/USD pada 12 Maret. Senin yang membosankan dengan segala kejayaannya


EUR/USD sedikit mengalami koreksi turun pada hari Senin, namun masih terlalu dini untuk merayakan awal dari tren penurunan baru. Garis tren naik tetap relevan, dan pasangan tersebut dapat melanjutkan pergerakan naik kapan saja. Selain itu, para peserta pasar tidak memerlukan latar belakang fundamental dan makroekonomi untuk hal ini terjadi. Pekan lalu, para trader hanya memiliki alasan yang valid untuk menjual dolar pada hari Jumat, namun ironisnya, pada hari itu, dolar berhasil menguat.

Terkait hari Senin, tidak ada peristiwa atau laporan signifikan. Beberapa anggota komite moneter Bank Sentral Eropa berbicara, yang mengkonfirmasi bahwa bulan Juni adalah bulan yang menguntungkan untuk memulai siklus pemotongan suku bunga. Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, ECB akan memulai proses pelonggaran jauh lebih awal dari yang diharapkan pasar, dan Federal Reserve akan melakukannya jauh lebih lambat. Hal ini seharusnya mendukung dolar AS, tetapi untuk saat ini, pasar terus membeli euro. Namun, kita tidak boleh mengharapkan penurunan yang nyata sampai pasangan tersebut melanggar garis tren.

Tidak adanya volatilitas yang signifikan telah mengecewakan, dan tidak ada yang mengharapkan banyak dari "Senin yang membosankan." Dua sinyal trading terbentuk di sekitar level 1.0935, tetapi dalam kedua kasus tersebut, harga gagal bergerak bahkan 15 pips dalam arah yang dimaksud. Namun demikian, kami sudah memperingatkan Anda bahwa tidak akan ada yang menarik pada hari Senin. Laporan inflasi utama AS akan dirilis hari ini, sehingga volatilitas mungkin akan meningkat secara bertahap. Kita hanya bisa berharap bahwa pasar akan memberikan reaksi yang logis terhadap laporan ini.

Laporan COT:

Lihat juga: Anda dapat buka akun trading di sini.
Prospek EUR/USD pada 12 Maret. Senin yang membosankan dengan segala kejayaannya

Laporan COT terbaru bertanggal 5 Maret. Posisi bersih dari trader non-komersial telah secara persisten bullish untuk waktu yang cukup lama. Pada dasarnya, jumlah posisi beli di pasar lebih tinggi daripada jumlah posisi jual. Namun, pada saat yang sama, posisi bersih dari trader non-komersial telah mengalami penurunan dalam beberapa bulan terakhir, sementara posisi dari trader komersial telah meningkat. Hal ini menunjukkan bahwa sentimen pasar sedang berubah menjadi bearish, karena spekulator meningkatkan volume posisi jual pada euro. Kami tidak melihat faktor fundamental apa pun yang dapat mendukung pertumbuhan euro dalam jangka panjang, sementara analisis teknis juga menunjukkan pembentukan tren penurunan.

Kami sudah menarik perhatian Anda bahwa garis merah dan biru telah sangat berbeda, seringkali mendahului akhir dari sebuah tren. Saat ini, garis-garis ini bergerak menuju satu sama lain (menunjukkan pembalikan tren). Oleh karena itu, kami percaya bahwa euro akan terus turun. Selama minggu laporan terakhir, jumlah posisi beli untuk kelompok non-komersial mengalami penurunan sebesar 5.200, sementara jumlah posisi jual mengalami penurunan sebesar 8.600. Oleh karena itu, posisi bersih meningkat sebesar 3.400, yang relatif kecil. Jumlah kontrak beli masih lebih tinggi daripada jumlah kontrak jual di antara trader non-komersial sebesar 66.000 (sebelumnya 63.000). Dengan demikian, trader komersial terus menjual euro.

Analisis dari EUR/USD 1H

Prospek EUR/USD pada 12 Maret. Senin yang membosankan dengan segala kejayaannya

Pada grafik 1 jam, tren naik tetap utuh, dan EUR/USD telah meninggalkan saluran sideways dari 1.0792-1.0889. Menurut pendapat kami, semua faktor saat ini menunjukkan bahwa dolar akan menguat, namun pasar masih membeli euro tanpa alasan yang jelas. Oleh karena itu, kami mengharapkan harga untuk konsolidasi di bawah garis Senkou Span B dan garis tren, yang mungkin akan melanjutkan pergerakan turun. Namun, saat ini, tidak ada sinyal jual. Euro akan terus melakukan koreksi naik.

Pada tanggal 12 Maret, kami menyoroti level-level berikut untuk trading: 1.0530, 1.0581, 1.0658-1.0669, 1.0757, 1.0823, 1,0889, 1.0935, 1.1006, 1.1092, serta garis Senkou Span B (1.0843) dan Kijun-sen (1.0911). Garis indikator Ichimoku dapat bergerak selama hari, oleh karena itu ini harus diperhitungkan saat mengidentifikasi sinyal trading. Jangan lupa untuk menetapkan Stop Loss ke titik impas jika harga telah bergerak ke arah yang dimaksud sebanyak 15 pips. Hal ini akan melindungi Anda dari kerugian potensial jika sinyal tersebut ternyata salah.

Pada hari Selasa, tidak ada peristiwa signifikan yang dijadwalkan di Uni Eropa. Laporan inflasi AS untuk Februari akan menarik perhatian investor. Jika prediksi menjadi kenyataan, inflasi tidak akan menunjukkan tanda-tanda perlambatan. Hal ini seharusnya mendukung dolar, namun pasar saat ini diperdagangkan secara tidak logis, sehingga tidak akan mengejutkan melihat dolar turun.

Deskripsi grafik:

Level support dan resistance adalah garis merah tebal, di dekatnya tren dapat berakhir. Tidak memberikan sinyal trading;

Garis Kijun-sen dan Senkou Span B adalah garis indikator Ichimoku, diplot ke TF 1H dari TF 4H. Memberikan sinyal trading;

Level ekstrim adalah garis merah tipis tempat harga melambung sebelumnya. Memberikan sinyal trading;

Garis kuning adalah garis tren, channel tren, dan pola teknikal lainnya;

Indikator 1 pada grafik COT adalah ukuran posisi net untuk setiap kategori trader;

Indikator 2 pada grafik COT adalah ukuran posisi net untuk kelompok nonkomersial.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.