Note

MUI Imbau Masyarakat Tidak Gunakan Produk Terafiliasi Israel Selama Ramadhan 2024

· Views 23

Pasardana.id - Masyarakat Indonesia, selama bulan Ramadhan 2024 ini diimbau untuk tidak menggunakan produk-produk yang terafiliasi dengan Israel, mulai dari makanan, minuman, kurma hingga paket hantaran. Dengan adanya imbauan ini, masyarakat disarankan untuk mengonsumsi produk dari merek lokal.

Imbauan ini dicanangkan oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk mengingatkan kembali fatwa MUI Nomor 83 Tahun 2023 tentang Hukum Dukungan terhadap Perjuangan Palestina yang dikeluarkan sebelumnya. Salah satu poin yang tertulis dalam fatwa ini adalah imbauan agar umat Islam menghindari transaksi produk yang terafiliasi dengan Israel.

Ketua MUI Bidang Hubungan Luar Negeri Prof Sudarnoto Abdul Hakim mengatakan hingga saat ini, warga negara Palestina masih mengalami berbagai kesulitan akibat aksi kekerasan yang dilakukan Israel. Ia mengatakan bahwa Indonesia tidak akan pernah berhenti untuk mendukung kemerdekaan Palestina.

"Dengan tidak menggunakan produk-produk tersebut, secara tidak langsung kita telah menekan kekuatan ekonomi Israel dan membantu memperjuangkan kemerdekaan Palestina,” ujarnya dalam acara bertajuk “Safari Ramadhan Membasuh Luka Palestina” yang digelar di Kantor Pusat MUI, Jakarta, Minggu (10/3).

Sudartono bilang, imbauan tersebut bukan semata-mata melarang konsumsi produk tertentu, melainkan juga sebagai bentuk tekanan dan solidaritas. Ini mengingat, hasil penjualan produk Israel memberikan mamfaat bagi negara tersebut.

Hanya saja, MUI tidak mengeluarkan daftar produk terafiliasi dengan Israel secara spesifik. Hal ini bertujuan untuk mendorong partisipasi aktif masyarakat dalam melakukan riset dan edukasi terkait produk-produk yang harus diboikot.

"Prinsip-prinsip dasar boikot telah ditekankan oleh MUI. Kalau masyarakat mendukung, kampus mendukung, merekalah yang melakukan riset untuk mencari tahu mana produk yang (terafiliasi dengan) Israel dan mana yang bukan,” kata Sudartono. 

Ditambahkan, Wakil Sekretaris Jenderal MUI Arif Fahrudin, dengan berhenti menggunakan produk-produk yang terafiliasi dengan Israel juga menjadi momentum untuk membangkitkan kesadaran akan kecintaan produk dalam negeri. 

"Ini bukan hanya soal tidak mengonsumsi produk Israel, melainkan juga mengalihkan perhatian kita kepada produk-produk Indonesia. Kita harus mencintai produk kita sendiri karena ini tidak hanya soal kebanggaan nasional, tapi juga bentuk dari cinta Tanah Air dan iman,” tukasnya.

 

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.