Note

Pemilihan Umum Gedung Putih Jadi Fokus di Bursa Saham AS

· Views 28
Pemilihan Umum Gedung Putih Jadi Fokus di Bursa Saham AS
Pemilihan Umum Gedung Putih Jadi Fokus di Bursa Saham AS. (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Wall Street dalam sepekan ke depan bakal diisi oleh investor yang terpaku pada pendapatan dan kebijakan moneter mulai mempertimbangkan variabel lain yang dapat mempengaruhi pasar tahun ini yaitu pemilihan presiden AS pada tahun 2024.

Mengutip Reuters, Minggu (10/3/2024) waktu setempat, dalam pidato kenegaraannya pada hari Kamis lalu, Presiden AS Joe Biden mengusulkan kenaikan pajak perusahaan, sedangkan lawannya, kandidat Partai Republik Donald Trump, menandatangani undang-undang tahun 2017 yang memangkas pajak bagi perusahaan dan orang kaya. Biden juga memuji kemajuan ekonomi AS di bawah kepemimpinannya.

Baca Juga:
Pemilihan Umum Gedung Putih Jadi Fokus di Bursa Saham AS Aplikasikan Aturan Islam, ini Contoh Saham Syariah Wallstreet

Sulit untuk mengukur bagaimana harga aset dapat terpengaruh oleh proposal ini dan apa pun yang mungkin diajukan oleh calon presiden dalam beberapa bulan mendatang. Pemenangnya kemungkinan besar akan menghadapi perpecahan di Kongres yang akan menyulitkan upaya mendorong perubahan legislatif.

Hal ini tidak menghentikan beberapa ahli strategi untuk menilai bagaimana prospek politik dapat menyatu dengan faktor-faktor lain yang mendorong pasar. Hal ini termasuk kegembiraan atas potensi bisnis kecerdasan buatan dan perubahan ekspektasi mengenai seberapa cepat Federal Reserve akan melonggarkan kebijakan moneternya. S&P 500 (.SPX), indeks naik sekitar 7,4% year-to-date dan mendekati rekor tertinggi.

Baca Juga:
Pemilihan Umum Gedung Putih Jadi Fokus di Bursa Saham AS Joe Biden Teken Paket Anggaran Rp7.150 Triliun untuk Hindari Shutdown

"Anda paham (investor)... punya banyak hal saat ini, dan politik mulai ikut campur dalam hal ini," kata Paul Christopher, kepala strategi pasar global di Wells Fargo Investment Institute. 

“Meskipun semua orang sudah mengetahui kandidatnya, ini akan menjadi pertarungan yang cukup ketat sehingga sangat sulit untuk memprediksi hasilnya.”

Baca Juga:
Pemilihan Umum Gedung Putih Jadi Fokus di Bursa Saham AS Sampaikan Pidato Kenegaraan, Joe Biden Dorong Pajak 25 Persen bagi Miliarder

Jajak pendapat menunjukkan Biden, 81 tahun, dan Trump, 77 tahun, memiliki pasangan yang hampir sama. Meskipun kinerja perekonomian AS lebih baik dibandingkan sebagian besar negara berpendapatan tinggi, warga AS secara keseluruhan memberi Trump nilai yang lebih baik dalam jajak pendapat mengenai isu-isu ekonomi.

Biden pada hari Kamis mengusulkan untuk menaikkan pajak minimum perusahaan sebesar 15% menjadi 21% pada perusahaan yang melaporkan laba lebih dari USD1 miliar yang ia menangkan sebagai bagian dari undang-undang energi bersih tahun 2022.

Dia juga berjanji untuk memperbarui proposal pajak miliarder, yang akan mengenakan pajak minimum 25% atas penghasilan bagi orang Amerika yang memiliki aset lebih dari USD100 juta.

Namun, "akan sulit bagi setiap proposal kebijakan pajak untuk disetujui oleh kedua belah pihak karena hal itu tergantung pada kebijakan partai," kata Larry Tentarelli, kepala strategi teknis untuk Blue Chip Daily Trend Report.

Terlepas dari hasil pemilu, kebijakan fiskal kemungkinan akan menjadi salah satu hal pertama yang ditangani oleh pemerintahan berikutnya, tulis analis Wells Fargo.

Kemenangan Partai Republik kemungkinan berarti bahwa pemotongan pajak pada tahun 2017 akan diperpanjang dengan mengorbankan inflasi yang lebih tinggi, sementara kemenangan Partai Demokrat akan menyebabkan pajak yang lebih tinggi pada rumah tangga dan perusahaan berpenghasilan tinggi, kata perusahaan itu.

Tren Tahun Pemilu

S&P 500 telah mencatat kenaikan rata-rata sebesar 15,5% selama bertahun-tahun ketika seorang presiden ingin dipilih kembali, data CFRA sejak akhir Perang Dunia II menunjukkan. Bandingkan dengan rata-rata pengembalian tahunan keseluruhan sebesar 12,8% pada periode tersebut.

Pada saat yang sama, tahun-tahun pemilu juga penuh dengan volatilitas. Analis di BofA Global Research mencatat awal bulan ini bahwa, pada tahun pemilu sebelumnya, Indeks Volatilitas Cboe (.VIX), telah meningkat rata-rata 25% dari kuartal kedua hingga November.

Volatilitas cenderung turun setelah hari pemilu dengan hilangnya ketidakpastian, kata perusahaan itu. Bank tersebut baru-baru ini meningkatkan targetnya pada S&P 500 menjadi 5.400, dari 5.000.

Kontrak berjangka bulan Oktober pada Indeks Volatilitas Cboe (.VIX), - yang mencakup kontrak opsi yang diperpanjang hingga pertengahan bulan berikutnya - baru-baru ini diperdagangkan sekitar 2,6 poin lebih tinggi dari kontrak berjangka bulan September, menunjukkan kekhawatiran investor mengenai terkait pemilu ayunan pasar.

Tren sejarah mungkin juga menguntungkan Biden. Sejak munculnya Super Tuesday pada tahun 1976, kenaikan S&P 500 sepanjang tahun ini menjelang pemilihan pendahuluan bertepatan dengan 80% kemenangan partai politik presiden dalam pemilu, menurut data LPL Financial.

Namun perusahaan tersebut mencatat bahwa S&P 500 akhir-akhir ini meningkat seiring dengan posisi Trump dalam jajak pendapat nasional.

“Perekonomian berjalan dengan baik – dan kita akan melihat apakah Biden mendapat pujian atas hal tersebut,” kata Jeff Buchbinder, kepala strategi ekuitas untuk LPL Financial.

Pasar juga harus mencerna banyak data ekonomi jangka pendek untuk mengukur arah kebijakan moneter The Fed.

Pertumbuhan lapangan kerja AS meningkat pada bulan Februari, data Departemen Tenaga Kerja menunjukkan pada hari Jumat, namun kenaikan tingkat pengangguran dan moderasi kenaikan upah tetap memungkinkan adanya penurunan suku bunga pada bulan Juni.

Investor juga menunggu data harga konsumen AS pada 12 Maret untuk kejelasan lebih lanjut mengenai apakah inflasi sudah cukup mereda bagi para pembuat kebijakan untuk menurunkan biaya pinjaman dalam beberapa bulan mendatang.

“Berlanjutnya normalisasi upah ditambah dengan lemahnya data CPI pada minggu depan dapat meningkatkan keyakinan FOMC bahwa inflasi berada pada jalur untuk kembali ke target, berpotensi memajukan prospek penurunan suku bunga,” tulis Jeff Schulze, kepala strategi ekonomi dan pasar di ClearBridge Investasi.

(SLF)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.