Note

Menerka Pergerakan Wall Street Pekan Depan: Investor Pertimbangkan Pemilu AS 2024

· Views 27
Menerka Pergerakan Wall Street Pekan Depan: Investor Pertimbangkan Pemilu AS 2024
Menerka Pergerakan Wall Street Pekan Depan: Investor Pertimbangkan Pemilu AS 2024 (FOTO:MNC Media)

IDXChannel - Serangkaian data ekonomi hingga kebijakan moneter Federal Reserve dalam beberapa bulan terakhir menjadi fokus investor pasar modal Amerika Serikat atau Wall Sreet. 

Sehingga membawa sejumlah indikatornya melesat menemui area tertinggi sepanjang sejarah di tengah ekspektasi penurunan suku bunga.

Baca Juga:
Menerka Pergerakan Wall Street Pekan Depan: Investor Pertimbangkan Pemilu AS 2024 Bursa Asia Perkasa Mengekor Wall Street, Sikap The Fed Masih Jadi Fokus Pasar

Kini investor mulai beralih mempertimbangkan faktor lain yang menjadi katalis market, yaitu Pemilihan Presiden AS 2024.

Dua kandidat utama Pilpres AS yakni petahanan Joe Biden dan pesaingnya, Donald Trump, mulai mencuri perhatian investor dalam adu gagasan hingga surveinya di publik.

Baca Juga:
Menerka Pergerakan Wall Street Pekan Depan: Investor Pertimbangkan Pemilu AS 2024 Wall Street Dibuka Hijau Sambut Data Tenaga Kerja dan Pengangguran

Dalam pidato kenegaraannya pada Kamis, Presiden AS Joe Biden mengusulkan kenaikan pajak perusahaan. 

Sedangkan lawannya, kandidat Partai Republik Donald Trump berniat memangkas pajak bagi perusahaan dan orang kaya. Bagi petahana, Biden memuji kemajuan ekonomi AS di bawah kepemimpinannya.

Baca Juga:
Menerka Pergerakan Wall Street Pekan Depan: Investor Pertimbangkan Pemilu AS 2024 Wall Street Tergelincir dari Rekornya dengan Nasdaq Pimpin Penurunan 

Sejumlah analis menilai sulit untuk mengukur bagaimana ragam kebijakan kedua capres ini dapat mempengaruhi pasar modal dalam beberapa bulan ke depan.

Kepala strategi pasar global di Wells Fargo Investment Institute, Paul Christopher, mengatakan adu gagasan kedua capres cukup ketat, sehingga sulit untuk memprediksi hasilnya.

Baca Juga:
Menerka Pergerakan Wall Street Pekan Depan: Investor Pertimbangkan Pemilu AS 2024 Wall Street Dibuka Menguat Jelang Testimoni Jerome Powell

"Anda paham (investor) punya banyak hal saat ini (kebijakan The Fed hingga laporan keuangan perusahaan), dan saat ini politik mulai ikut campur dalam hal ini (sentimen pasar),” katanya, dilansir Reuters, Minggu (10/3/2024).

Terlepas dari hasil pemilu, terang Paul, kebijakan fiskal kemungkinan akan menjadi salah satu hal pertama yang ditangani oleh pemerintahan 

Baca Juga:
Menerka Pergerakan Wall Street Pekan Depan: Investor Pertimbangkan Pemilu AS 2024 Wall Street Ditutup Menguat usai The Fed Beri Harapan Suku Bunga Turun di 2024

Secara historis S&P 500 mencatat kenaikan rata-rata sebesar 15,5% selama periode Pemilu berlangsung, menurut data CFRA.

Pada saat yang sama, tahun-tahun pemilu juga penuh dengan volatilitas. Analis di BofA Global Research mencatat pada tahun pemilu sebelumnya, Indeks Volatilitas Cboe (.VIX), telah meningkat rata-rata 25% dari kuartal kedua hingga November.

Volatilitas cenderung turun setelah periode pemilu. BofA baru-baru ini meningkatkan targetnya terhadap S&P 500 menjadi 5.400, dari 5.000.

Dari sisi tren sejarah mungkin bakal menguntungkan Biden. Sejak munculnya Super Tuesday pada 1976, kenaikan S&P 500 sepanjang tahun ini juga didorong oleh katalis kemenangan partai politik presiden dalam pemilu, menurut data LPL Financial. Di sisi lain, LPL juga mencatat bahwa penguatan S&P 500 belakangan ini juga terjadi seiring dengan posisi Trump dalam survei nasional.

“Perekonomian berjalan dengan baik – dan kita akan melihat apakah Biden mendapat apresiasi atas hal tersebut,” kata Jeff Buchbinder, kepala strategi ekuitas untuk LPL Financial.

(SAN)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.