Note

Saham GOTO Galau, Siap Rebound atau Turun ke Bawah Rp70?

· Views 59
Saham GOTO Galau, Siap Rebound atau Turun ke Bawah Rp70?
Saham GOTO Galau, Siap Rebound atau Turun ke Bawah Rp70? (Foto: GoTo)

IDXChannel – Saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) ditutup stagnan pada Jumat (8/3/2024) usai mengalami pergolakan harga dua hari sebelumnya.

Menurut data Bursa Efek Indonesia (BEI), saham GOTO ditutup tak bergerak di harga Rp70 per saham, bergerak naik turun di rentang Rp69-Rp71 selama jam perdagangan Jumat.

Baca Juga:
Saham GOTO Galau, Siap Rebound atau Turun ke Bawah Rp70? Menakar Pidato Powell ke Pasar: Dolar Melemah, Pasar Saham Menguat

Nilai transaksi tercatat mencapai Rp123,31 miliar dan volume perdagangan 1,76 miliar saham.

Pada Rabu (6/3), saham GOTO ditutup melambung 17,46 persen, mengakhiri koreksi selama 5 hari beruntun di tengah periode penguncian (lock-up) saham seri B perusahaan akan dibuka per akhir Maret mendatang.

Baca Juga:
Saham GOTO Galau, Siap Rebound atau Turun ke Bawah Rp70? Saham Japfa (JPFA) Melonjak, Tersengat Rumor Go Private Sang Induk?

Namun, aksi ambil untung (profit taking) investor membuat saham tersebut merosot 5,41 persen sehari setelahnya, Kamis (7/3).

Dalam sepekan, saham GOTO naik 1,45 persen, sedangkan dalam sebulan ambles 16,67 persen.

Baca Juga:
Saham GOTO Galau, Siap Rebound atau Turun ke Bawah Rp70? Masuk Top Gainer Asuransi Umum, Saham TUGU Masih Jadi Buruan Investor

Secara teknikal, dalam chart harian, saham GOTO—yang masih downtrend—masih tertahan di atas garis moving average (MA) 5 di level 68 usai membentuk candle doji yang menunjukkan kegalauan pasar. Namun, saham GOTO belum mampu ke atas MA 10 (71).

Penembusan ke atas level 71 akan membuat saham GOTO berpotensi menuju resistance berupa MA 20 (level 77). Sementara, apabila tak mampu bertahan di atas MA 5 (level 68), GOTO berpotensi menguji support selanjutnya di level 67 (Fibonacci 78,6 persen).

Sebelum melonjak pada Rabu, saham GOTO mengalami penurunan tajam di tengah kabar periode lock up saham GOTO Seri B yang akan dibuka per 30 Maret 2024, atau dua tahun pasca-GOTO melantai (listing) di BEI.

Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) Nomor 22/POJK.04/2021 Tentang Penerapan Klasifikasi Saham dengan Hak Suara Multipel oleh Emiten dengan Inovasi Dan Tingkat Pertumbuhan Tinggi yang Melakukan Penawaran Umum Efek Bersifat Ekuitas Berupa Saham.

Dalam POJK No.22 Tahun 2021 pasal 6 ayat (1) dijelaskan, “Setiap pemegang Saham Dengan Hak Suara Multipel dilarang untuk mengalihkan sebagian atau seluruh Saham Dengan Hak Suara Multipel yang dimilikinya selama 2 (dua) tahun setelah Pernyataan Pendaftaran menjadi efektif.”

Informasi saja, dalam prospektus IPO perusahaan pada 2022 silam, GOTO membagi pemegang saham ke dalam dua jenis seri, yaitu saham seri A (atau saham biasa) dan saham seri B (Saham dengan hak suara multiple/SHSM/MVS).

Pemegang saham seri B memiliki hak suara multipel untuk setiap sahamnya. Para pendiri GOTO menjadi bagian dari pemegang saham seri B ini, yakni Andre Soelistyo, William Tanuwijaya, Kevin Bryan Aluwi, hingga Melissa Siska Juminto.

Dalam menjawab salah satu pertanyaan dalam public expose insidentil pekan lalu, Direktur GOTO Pablo Malay menjelaskan, larangan untuk pengalihan saham Seri B akan berakhir pada akhir Maret 2024, sesuai dengan ketentuan yang diatur di dalam Peraturan OJK.

Pablo menjelaskan, sebagaimana diungkapkan dalam keterbukaan informasi tanggal 19 Oktober 2023, beberapa pendiri telah mengkonfirmasi bahwa mereka dapat memiliki rencana untuk menjual sejumlah saham Seri A miliknya.

“Namun demikian, terkait dengan kepemilikan para pendiri atas saham Seri B, sampai

dengan saat ini kami belum menerima informasi apapun terkait rencana untuk menjual saham miliknya ke pasar. Pengalihan saham Seri B harus melalui beberapa

prosedur sebagaimana diatur dalam Peraturan OJK yang mencakup keterbukaan informasi ke publik,” kata Pablo.

Dirinya melanjutkan, oleh karena itu, apabila terdapat rencana untuk pengalihan sejumlah

saham Seri B, maka hal tersebut akan diungkapkan kepada publik.

Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.