Note

TKDN Tembus 92,92 Persen, Pemerintah Apresiasi Komitmen SIG (SMGR)

· Views 32
TKDN Tembus 92,92 Persen, Pemerintah Apresiasi Komitmen SIG (SMGR)
TKDN Tembus 92,92 Persen, Pemerintah Apresiasi Komitmen SIG (SMGR) (foto: MNC media)

IDXChannel - PT Semen Indonesia Tbk (SMGR), atau SIG, sukses merealisasikan belanja produk dalam negeri hingga Rp23,742 triliun di sepanjang 2023 lalu.

Nilai tersebut setara dengan 92,92 persen dari total belanja barang dan jasa perusahaan, yang dalam periode sama tercatat mencapai Rp25,552 triliun.

Baca Juga:
TKDN Tembus 92,92 Persen, Pemerintah Apresiasi Komitmen SIG (SMGR) Semen Indonesia (SMGR) Sukses Dukung UMKM Produsen Jamu Go Internasional

"Capaian (belanja produk dalam negeri) tersebut meningkat 6,4 persen dari realisasi belanja di pos yang sama pada 2022 sebesar Rp22,317 triliun," ujar Direktur Supply Chain SIG, Yosviandri, dalam keterangan resminya, Jumat (8/3/2024).

Menurut Yosviandri, pihaknya sangat memahami bahwa belanja produk dalam negeri merupakan langkah strategis dalam membangun industri Tanah Air yang berdaulat dan mandiri.

Baca Juga:
TKDN Tembus 92,92 Persen, Pemerintah Apresiasi Komitmen SIG (SMGR) Perkuat Fundamental Guna Lanjutkan Transformasi, Begini Strategi Semen Indonesia (SMGR)

Dengan begitu, diharapkan akan banyak lapangan kerja yang terbuka sehingga mendukung pemerintah dalam mengurangi angka pengangguran dan mempercepat pertumbuhan ekonomi nasional.

Atas komitmen tersebut, pemerintah melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengapresiasi kinerja SIG lewat pemberian Penghargaan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) 2024, sebagai Pengguna Produk Dalam Negeri Terbaik kategori Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Baca Juga:
TKDN Tembus 92,92 Persen, Pemerintah Apresiasi Komitmen SIG (SMGR) Dukung Operasional Pabrik di Tuban, Semen Indonesia Pasang PLTS Atap Kapasitas 6,39 Mwp

Prestasi ini sekaligus menjadikan SIG sebagai BUMN yang berhasil meraih P3DN dua tahun berturut-turut, setelah pada 2023 lalu juga berhasil meraih penghargaan di kategori yang sama.

Penghargaan diserahkan oleh Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita kepada Yosviandri, dalam rangkaian acara Business Matching Belanja Produk Dalam Negeri Tahun 2024 yang, di Bali, Kamis (7/3/2024).

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves), Luhut Binsar Pandjaitan. memberikan apresiasi kepada kementerian, lembaga, pemerintah daerah, BUMN dan BUMD atas upaya peningkatan belanja produk dalam negeri.

Luhut juga berharap agar penghargaan ini menjadi pemacu bagi perusahaan untuk terus memperbaiki implementasi belanja produk dalam negeri (PDN).

"Harapan kita, aksi afirmasi PDN ini dapat mendorong industrialisasi sehingga berkontribusi terhadap PDB (Produk Domestik Bruto), menuju Indonesia Maju 2045," ujar Luhut.

Atas apresiasi yang diberikan pemerintah, Yosviandri pun menyampaikan rasa terima kasih atas apresiasi pemerintah terhadap komitmen dan konsistensi perusahaan dalam menggunakan produk dalam negeri pada kegiatan operasional untuk mendukung kemajuan industri Tanah Air.

SIG disebut Yosviandri juga membuka kesempatan yang luas bagi industri besar dan usaha kecil menengah dalam negeri untuk bergabung menjadi bagian dalam rantai pasok SIG.

"Dalam upaya meningkatkan capaian TKDN (Tingkat Komponen Dalam NegeriTKDN), SIG juga memberikan pembinaan dan pendampingan bagi UMKM agar mampu memasok produk yang andal secara teknis dan ekonomis sesuai standar kualitas, biaya dan pengiriman," tegas Yosviandri. (TSA)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.