Note

Perusahaan Australia Kucurkan Rp 27 T Garap Proyek-Produksi Nikel Morowali

· Views 22
Perusahaan Australia Kucurkan Rp 27 T Garap Proyek-Produksi Nikel Morowali
Foto: Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto (Firda/detikcom)
Jakarta

Menteri Koordinator Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan industri hilirisasi nikel di Morowali Sulawesi Tengah akan kedatangan pemain baru dari Australia, yakni Nickel Industries. Perusahaan itu telah berkomitmen menggelontorkan investasi senilai US$ 1,76 miliar atau sekitar Rp 27 triliun (kurs Rp 15.400/US$).

Nickel Industries akan membangun proyek excelsior nickel cobalt (ENC) high pressure acid leach (HPAL) di Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP). Proses konstruksi yang telah dilakukan sejak Oktober 2023 itu akan berproduksi mulai paruh pertama 2025.

"Nickel Industries sudah investasi di Morowali US$ 1,76 miliar dan rencananya akan berproduksi awal 2025 dan mempekerjakan 3.500 (orang)," kata Airlangga kepada wartawan di kantornya, Jakarta Pusat, Jumat (8/3/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Airlangga mengatakan investasi perusahaan hilirisasi nikel Australia itu menjadi penting di Indonesia karena akan mendiversifikasi perusahaan asing di Morowali yang selama ini dianggap didominasi perusahaan China.

"Karena tidak seluruhnya investasi di sektor nikel itu, di downstream-nya itu hanya dari investor negara China, tapi juga ada dari Australia," tegasnya.

"Jadi pada 2025 itu adalah HPAL yang akan beroperasi di Morowali di mana Nickel Industries, itu perusahaan yang listed di Australia menjadi salah satu pemegang saham terbesar," ungkap Airlangga.

Pemerintah mengklaim proyek perusahaan asal Australia itu akan menjadi yang pertama secara global dalam memproduksi tiga produk nikel kelas satu untuk pasar kendaraan listrik dan baterainya yaitu mixed hydroxide precipitate (MHP), nickel sulphate, dan nickel cathode.

(aid/hns)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.