Note

KAI Pesan Suku Cadang dari AS Buat Perawatan Lokomotif

· Views 18
KAI Pesan Suku Cadang dari AS Buat Perawatan Lokomotif
Foto: Antara Foto/Erlangga Bregas Prakoso
Jakarta

PT KAI (Persero) telah melakukan proses penandatanganan perjanjian jangka panjang atau Long Term Parts Agreement (LTPA) pengadaan suku cadang untuk perawatan lokomotif dengan perusahaan manufaktur asal Amerika Serikat, Wabtec Corporation System, dan PT Imeco Inter Sarana.

Penandatanganan sendiri sudah terlaksana di Pittsburg, Amerika Serikat, pada Rabu (6/3) kemarin. Dalam perjanjian itu, KAI akan melakukan pengadaan suku cadang untuk perawatan lokomotif CC201/CC203/CC204 dan BB203 secara multi years sejak tahun 2025 sampai dengan 2030.

"Kontrak LTPA ini dilakukan dalam rangka menjaga performansi lokomotif dengan dukungan suku cadang orisinal dan kedatangan yang tepat waktu. Ke depan, diharapkan kolaborasi tetap berjalan baik, bahkan lebih baik lagi," kata Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo dalam keterangan resminya, dikutip Jumat (8/3/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ia menyebut KAI dan Wabtec telah memiliki sejarah kerja sama yang panjang dan ke depan masih akan terus berlangsung. Sebab untuk mencapai keberlangsungan 357 unit lokomotif produksi Wabtec yang dimiliki KAI, diperlukan komitmen bersama dalam menjaga proses perawatan melalui penyediaan suku cadang dan jasa perawatan.

"KAI terus membangun kolaborasi dengan perusahaan di dalam ataupun luar negeri sebagai komitmen Perusahaan untuk mengurangi emisi karbon, mitigasi polusi, serta tujuan untuk merawat warisan alam Indonesia bagi generasi mendatang," ungkapnya lagi.

Didiek kemudian mengatakan, melalui perjanjian ini KAI juga bisa mengoptimalkan pelatihan sumber daya manusia (SDM) dari tenaga ahli AS. Dengan begitu KAI bisa melakukan peningkatan kompetensi dan modernisasi lokomotif-lokomotif persero.

Sementara itu, President of Global Freight Services Wabtec, Alicia Hammersmith mengatakan pihaknya sangat antusias dengan adanya kerja sama ini dalam rangka menjaga performa lokomotif-lokomotif KAI.

Ia mengatakan Wabtec juga menawarkan digitalisasi untuk meningkatkan kinerja dan pemeliharaan seperti Expert on Alert (EOA), Remote Monitoring & Diagnostic (RM&D), dan KinetiX.

"Kami juga berencana akan melakukan pelatihan untuk petugas perawatan lokomotif KAI, baik secara online ataupun mengunjungi secara langsung fasilitas Wabtec di Amerika Serikat," kata Alicia.

(fdl/fdl)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.