Note

Gaji Pemuda Pancasila, Yuk Intip Nominalnya!

· Views 51
Gaji Pemuda Pancasila (Foto: Istimewa)

JAKARTA, iNews.id - Gaji Pemuda Pancasila jadi informasi yang menarik untuk dibahas kali ini. Ormas yang identik dengan seragam loreng orange-hitam ini jadi salah satu ormas (Organisasi Masyarakat) terbesar di Indonesia. 

Pemuda Pancasila atau disingkat PP merupakan sebuah organisasi paramiliter Indonesia yang didirikan oleh Jenderal Abdul Haris Nasution pada 28 Oktober 1959. Ormas satu ini telah eksis sejak era Orde Lama, Orde Baru, hingga Reformasi. 

Mengutip buku Tanah Air Baru, Indonesia, karya Hilde Janssen (2016), Pemuda Pancasila tak hanya dibentuk untuk mendukung Soeharto secara politik. Namun, ormas ini sebagai suatu contoh nyata bagi kebijakannya untuk memerangi kriminalitas di masyarakat.

Organisasi Pemuda Pancasila ini diprakarsai oleh penggawa partai politik Ikatan Pendukung Kemerdekaan Indonesia (IPKI). Selain Jenderal Abdul Haris Nasution, beberapa tokoh partai yang memprakarsai terbentuknya ormas tersebut, antara lain Kolonel Gatot Subroto, dan Kolonel Aziz Saleh.

Gaji Pemuda Pancasila

Dirangkum berbagai sumber, Kamis (7/3/2024), jumlah anggota Pemuda Pancasila mencapai 9 juta lebih. Meski begitu, belum ada sumber yang membahas perihal gaji ormas satu ini. 

Diketahui jika anggota PP melakukan tugas dan kewajiban secara sukarela. Ini mereka lakukan demi kepentingan bangsa Indonesia. Mereka biasanya turut menjaga pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru. 

Tak berbeda dengan ormas lainnya, PP mendapatkan pemasukan dari berbagai sumber. Seperti iuran anggota, dana dari usaha-usaha, maupun sumbangan yang tidak mengikat. 

Selain itu, beberapa ormas PP ada yang mengelola pasar, parkir, tempat hiburan dan lain-lain. Tentu, dengan hal itu membuat masyarakat luas merasa aman dengan ormas satu ini. 

Beberapa anggota perlu memahami tugas PP atau Pemuda Pancasila. Di antaranya berkontribusi di kegiatan sosial, meningkatkan partisipasi dan keberadaan masyarakat, dan penyalur aspirasi rakyat.   

Itulah ulasan mengenai gaji Pemuda Pancasila. Semoga bermanfaat!

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.