Note

Bukit Asam (PTBA) Anggarkan Capex Rp2,9 Triliun pada 2024

· Views 27
Bukit Asam (PTBA) Anggarkan Capex Rp2,9 Triliun pada 2024
PTBA menganggarkan belanja modal atau capex sebesar Rp2,9 triliun di 2024 (MNC Media)

IDXChannel - PT Bukit Asam Tbk (PTBA) menganggarkan belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp2,9 triliun di 2024. Adapun, anggaran belanja modal akan dialokasikan untuk working logistik.

“Karena cadangan (batu bara) PTBA di tambang akan bisa mulai dilakukan penjualan dengan meningkatkan kapasitas transportasi,” kata Direktur Keuangan PTBA, Farida Thamrin dalam konferensi pers di Ritz Carlton Jakarta pada Jumat (8/3/2024).

Baca Juga:
Bukit Asam (PTBA) Anggarkan Capex Rp2,9 Triliun pada 2024 Cari Investor Baru Proyek DME, PTBA PDKT dengan Perusahaan China 

Kemudian, lanjut Farida, perseroan akan mengalokasikan capex untuk operasional infrastruktur, serta suntikan modal kepada anak perusahaan PTBA.

Sebagai informasi, PTBA telah memulai pembangunan fasilitas penanganan batu bara (coal handling facility) baru untuk meningkatkan kapasitas angkutan batubara melalui jalur kereta api relasi Tanjung Enim - Keramasan.

Baca Juga:
Bukit Asam (PTBA) Anggarkan Capex Rp2,9 Triliun pada 2024 Intip Bocoran Dividen Bukit Asam (PTBA) saat Laba Menyusut 

Hal ini ditandai dengan prosesi peletakan batu pertama atau groundbreaking yang dilakukan di Tanjung Enim pada 30 Desember 2023.

Pembangunan fasilitas tersebut merupakan bagian dari kerja sama PTBA dengan PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI dalam pengembangan angkutan batu bara relasi Tanjung Enim - Keramasan yang berkapasitas 20 juta ton per tahun.

Sarana dan prasarana untuk moda transportasi angkutan kereta disiapkan oleh PT KAI, sementara untuk fasilitas dermaga di Keramasan dibangun PT Kereta Api Logistik (Kalog).

Di tahun 2024 ini, perseroan menargetkan produksi batu bara mencapai 41,3 juta ton. Target tersebut naik dibanding target yang ditetapkan perseroan pada 2023 lalu yang sebesar 41 juta ton.

Adapun, penjualan batu bara perseroan ditargetkan mencapai 43,1 juta ton dan angkutan batu bara ditargetkan 33,7 juta ton. Volume penjualan batu bara tahun 2023 tercatat naik menjadi 37 juta ton.

Untuk tahun ini, perseroan berfokus untuk melakukan ekspor batu bara ke India, Cina, Jepang, Korea Selatan. Hal ini dikarenakan tingkat ekspor perseroan ke negara-negara tersebut masih tinggi.

(NIY)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.