Note

Bisnis Merugi, Sepatu Bata (BATA) Jual Gedung Kantor Pusat Rp64 Miliar

· Views 28
Bisnis Merugi, Sepatu Bata (BATA) Jual Gedung Kantor Pusat Rp64 Miliar
Bisnis Merugi, Sepatu Bata (BATA) Jual Gedung Kantor Pusat Rp64 Miliar. Foto: MNC Media.

IDXChannel - Penurunan kinerja operasional membuat manajemen PT Sepatu Bata Tbk (BATA) mencari strategi untuk memperkuat posisi keuangan. Penjualan aset menjadi pilihan di tengah kondisi bisnis yang merugi.

Dalam keterbukaan informasi, Kamis (7/3/2024), manajemen menjual Graha Bata, sebuah gedung kantor pusat BATA di Jakarta Selatan. Nilai transaksi mencapai Rp64 miliar terdiri dari aset tanah dan bangunan.

Baca Juga:
Bisnis Merugi, Sepatu Bata (BATA) Jual Gedung Kantor Pusat Rp64 Miliar Ketentuan Telat Bayar Pajak Motor Sehari, Rincian Denda Sesuai Durasi Keterlambatan

Aset ini terdiri dari enam lantai dengan luas keseluruhan bangunan sebesar 4.239,43 m2, yang berdiri di atas tanah seluas 1.993 m2 yang dikenal dengan nama Graha Bata, beralamat di Jalan T.B. Simatupang Nomor 28 (dikenal juga dengan alamat Jalan R.A. Kartini Kav. 28). 

Pembeli gedung yang digunakan sebagai kantor pusat dan administrasi BATA adalah PT Simatupang Jaya Realty (SJR).

Baca Juga:
Bisnis Merugi, Sepatu Bata (BATA) Jual Gedung Kantor Pusat Rp64 Miliar China Bakal Cabut Pembatasan Investasi Asing di Sektor Manufaktur

Manajemen mengatakan penjualan ini ditujukan untuk memperkuat posisi keuangan perseroan dengan melunasi sebagian pinjaman berbunga dan mengurangi biaya-biaya yang berhubungan dengan pengelolaan properti.

"Sehingga alokasi dana dari keuntungan Perseroan dapat dipergunakan untuk mendukung pertumbuhan bisnis Perseroan," kata manajemen.

Baca Juga:
Bisnis Merugi, Sepatu Bata (BATA) Jual Gedung Kantor Pusat Rp64 Miliar Survei BI: Kebutuhan Pembiayaan Korporasi Tumbuh Terbatas di Januari 2024

Pemilihan aset properti yang dijual (Graha Bata) juga dilakukan untuk efisiensi dengan memperhatikan luasan gedung, yang dinilai sudah jauh melebihi kapasitas yang diperlukan untuk jumlah pegawai yang ada.

"Rencana menyewakan sebagian ruang yang ada menjadi hambatan tersendiri dikarenakan tata ruang dan kondisi gedung ini tidak sesuai dengan kebutuhan calon penyewa," paparnya.

Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.