Note

Gelembung S&P 500 Akan Segera Pecah?

· Views 43

Dengan S&P 500 naik 25% sejak November, mencapai level tertinggi ke-15 sepanjang masa sejak awal tahun, dan kapitalisasi pasar saham meningkat $8 triliun dalam empat bulan, kami bertanya-tanya apakah ada gelembung yang sedang terjadi. Inilah yang dipikirkan oleh JP Morgan. Goldman Sachs, di sisi lain, percaya bahwa reli indeks saham bertumpu pada fundamental yang solid dan meningkatkan perkiraan akhir tahun menjadi 5.200. Hal ini dikarenakan perkiraan sebelumnya sebesar 5.100 telah terlampaui. Bank of America memprediksi angka 5.400.

Secara umum diterima di pasar bahwa karakteristik utama dari sebuah gelembung adalah terlalu banyak bulls atau bears. Dengan demikian, pada puncak krisis ekonomi tahun 2008-2009, jumlah penjual melonjak tinggi. Saat ini, terlepas dari semua kesuksesan S&P 500, jumlah pembeli, menurut survei Asosiasi Investor Individu Amerika, sama sekali tidak berada pada level ekstrem.

Keseimbangan antara kenaikan dan penurunan di Wall Street

Gelembung S&P 500 Akan Segera Pecah?

Pendorong utama reli indeks saham acuan adalah ekspektasi pelonggaran moneter the Fed dan resistensi luar biasa dari ekonomi Amerika terhadap pengetatan moneter yang agresif. Federal Reserve telah menaikkan suku bunga sebanyak 11 kali dan membawanya ke level tertinggi dalam 23 tahun terakhir. Namun, pertumbuhan PDB sebesar 3.2% pada kuartal keempat dan kenaikan yang mengesankan pada nonfarm payrolls AS menunjukkan bahwa ekonomi telah mempertahankan momentumnya.

Sangat mengherankan bahwa tanda-tanda pendinginan dalam bentuk data aktivitas bisnis yang lemah di sektor jasa dari ISM memicu kemunduran di S&P 500. Artinya, faktor pengecualian Amerika untuk indeks saham lebih penting daripada niat Fed untuk melonggarkan kebijakan moneter. Tidak mengherankan jika pasar saham justru mengabaikan testimoni Jerome Powell di hadapan Kongres AS.

Ia menyatakan bahwa ekspansi moneter akan dilakukan pada tahun 2024. Federal Reserve tidak takut dengan statistik yang kuat di pasar tenaga kerja dan inflasi yang tinggi untuk bulan Desember-Januari. Dia hanya ingin lebih banyak data serupa untuk memulai proses penurunan suku bunga federal fund. Retorika yang agak dovish ini menjatuhkan dolar AS, tetapi S&P 500 tetap tangguh. The Fed tampaknya tidak khawatir tentang perbaikan kondisi keuangan, yang tidak hanya menciptakan penarik bagi pasar saham tetapi juga dapat menyebabkan akselerasi inflasi.

Dinamika S&P 500 dan kondisi keuangan di AS

Lihat juga: Anda dapat buka akun trading di sini.
Gelembung S&P 500 Akan Segera Pecah?

Gelembung S&P 500 Akan Segera Pecah?

Respon S&P 500 terhadap rilis data ketenagakerjaan AS untuk bulan Februari sulit untuk diprediksi. Statistik yang kuat akan mengindikasikan ekonomi yang sehat, yang akan memungkinkan indeks saham naik. Sebaliknya, tanda-tanda perlambatan PDB akan menyebabkan penurunan. Meskipun dalam kasus ini, ekspektasi penurunan suku bunga Fed dapat bergeser ke bulan April, yang akan mendukung pasar saham.

Secara teknikal, pola pembalikan Three Indians sedang berlangsung pada grafik harian S&P 500. Untuk mengaktifkannya, harga harus jatuh di bawah level minimum Indian kedua. Nilai wajar juga ditemukan di sana. Dengan demikian, penembusan 5.088 adalah alasan untuk menjual.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.