Note

Ada Transaksi Jumbo Saham ENRG Rp620 Miliar Usai Temuan Cadangan Gas

· Views 42
Ada Transaksi Jumbo Saham ENRG Rp620 Miliar Usai Temuan Cadangan Gas
Ada Transaksi Jumbo Saham ENRG Rp620 Miliar Usai Temuan Cadangan Gas (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Ada transaksi jumbo saham PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG) pada perdagangan Kamis (7/3/2024). Nilai transaksinya mencapai Rp620,6 miliar di Pasar Negosiasi.

Perdagangan saham ini muncul mengiringi kabar perseroan yang menemukan cadangan gas baru. Data perdagangan menunjukkan volume bersih yang dijualbelikan mencapai 34,48 juta lot atau setara 3,4 miliar saham.

Harga rata-rata jual-beli berada di level Rp180 per saham, yang notabene harga diskon ENRG dari harga di pasar reguler di rentang Rp208-Rp232 per saham.

Kali ini transaksi di pasar negosaisi datang dari sejumlah investor. Pasalnya, terdapat empat broker atau perusahaan sekuritas yang memfasilitasi transaksi saham emiten eksplorasi dan perdagangan minyak dan gas (migas) itu.

Broker pembeli datang dari dua anggota bursa yakni PT KB Valbury Sekuritas (CP) dan PT CGS CIMB Sekuritas Indonesia (YU). Sementara broker penjual adalah CP, YU, PT Trust Sekuritas (BR).

Transaksi pembelian CP dan YU cukup dominan masing-masing 27,4 juta lot, dan 7,08 juta lot. Di sisi penjualan, CP dan YU masih memimpin, sementara BR dan DR mengekor masing-masing dengan net-sell 5 juta lot, dan 3,7 juta lot.

Pagi tadi, ENRG melaporkan temuan gas sebesar 126 miliar kaki kubik dari aktivitas pengeborannya di sumur gas CEN-01 Blok Bentu. Pengeboran itu dilakukan oleh EMP Bentu Limited, yang merupakan operator dan pemilik 100% partisipasi interes atas Blok Bentu. 

Tri Firmanto, Direktur EMP dan General Manager EMP Bentu Limited, mengatakan pihaknya akan menindaklanjuti temuan ini dengan melakukan pengeboran di beberapa sumur pengembangan, konstruksi pipa gas, dan pembangunan tambahan fasilitas produksi.

“Kami dapat mulai memproduksikan gas dari sumur CEN-01 dengan volume rata-rata 45 juta kaki kubik gas per hari di masa mendatang,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Rabu (6/3/2024).

Edoardus Ardianto, Wakil Direktur Utama EMP & CFO, menambahkan, perseroan akan mengembangkan lebih lanjut temuan gas di sumur gas CEN-01 tersebut demi mengoptimalkan produksi gas dari blok KKS Bentu dalam waktu dekat ini. Peningkatan produksi gas dari blok KKS Bentu tersebut diharapkan akan berdampak positif terhadap kinerja keuangan EMP di masa mendatang.

“Dengan asumsi harga jual gas sebesar USD6 per mmbtu, maka tambahan produksi gas sejumlah 45 juta kaki kubik gas per hari tersebut bernilai sekitar USD270 ribu per hari (sekitar USD100 juta per tahunnya),” tandasnya.

(DES)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.