Note

Siap-siap! Pabrik Tembaga Terbesar Dunia Rp 48 Triliun Beroperasi di RI

· Views 27
Siap-siap! Pabrik Tembaga Terbesar Dunia Rp 48 Triliun Beroperasi di RI
Foto: Dok. Freeport Indonesia
Jakarta

Menteri ESDM Arifin Tasrif melakukan kunjungan ke proyek pembangunan smelter PT Freeport Indonesia di Kawasan JIIPE, Gresik, Jawa Timur. Dia mengatakan smelter tersebut siap beroperasi pada Juni 2024.

"Progres pembangunan smelter ini sesuai rencana. Saya apresiasi kesungguhan Freeport dalam mendukung kebijakan hilirisasi tambang. Saya optimis Smelter PTFI dapat beroperasi pada Juni 2024," kata Arifin dalam keterangan resmi, Kamis (29/2/2024) lalu.

Arifin kemudian menjelaskan bahwa pembangunan pabrik pemurnian tembaga PTFI adalah bagian dari upaya mempercepat hilirisasi tambang yang dicanangkan pemerintah. Menurutnya, hilirisasi sektor pertambangan merupakan langkah penting untuk mewujudkan cita-cita Indonesia menjadi negara maju.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Direktur PT Freeport Indonesia, Jenpino Ngabdi, mengatakan bahwa pembangunan smelter berjalan lancar dan sesuai target. Ia menegaskan smelter akan mulai beroperasi pada Juni 2024 dan berproduksi pada Agustus 2024.

"Smelter PTFI akan mulai berproduksi di Agustus 2024 dan selanjutnya ramp up mencapai kapasitas penuh pada akhir 2024," tutur Jenpino.

"Setelah smelter beroperasi penuh pada akhir 2024, seluruh hasil tambang PTFI akan dimurnikan di dalam negeri. Hal ini akan meningkatkan nilai tambah dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi penerimaan negara," pungkasnya.

Sebagai informasi, pembangunan smelter tersebut merupakan mandat dari Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) PTFI. Smelter itu berlokasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) JIIPE, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik. PTFI sendiri telah menanamkan modal sebanyak US$ 3,1 miliar atau Rp 48 triliun pada akhir Desember 2023 untuk membangun smelter kedua yang dimiliki PTFI. Adapun smelter pertama PTFI, dibangun pada 1996 dan dikelola oleh PT Smelting.

Smelter tembaga itu adalah Design Single Line terbesar di dunia. Nantinya, smelter itu mampu memurnikan konsentrat tembaga dengan kapasitas produksi 1,7 juta ton dan 600 ribu ton katoda tembaga per tahun. Produk utama smelter tersebut adalah katoda tembaga, emas, perak murni batangan, serta platinum group metal (PGM). Adapun produk lainnya, adalah asam sulfat, gipsum, dan timbal.

(das/das)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.