Note

IHSG Diproyeksi Menguat, Intip Pergerakan Deretan Saham Ini

· Views 22
IHSG Diproyeksi Menguat, Intip Pergerakan Deretan Saham Ini
IHSG Diproyeksi Menguat, Intip Pergerakan Deretan Saham Ini. (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat di area 7.330 pada Rabu (6/3/2024). Head of Research Phintraco Sekuritas, Valdy Kurniawan mengatakan, secara teknikal, terbentuknya White Marubozu menjadi sinyal rebound lanjutan. 

Hal tersebut sejalan dengan golden cross pada Stochastic RSI di oversold area seiring dengan MACD yang mengalami penyempitan negative slope. 

Baca Juga:
IHSG Diproyeksi Menguat, Intip Pergerakan Deretan Saham Ini IHSG Berpotensi Koreksi, Analis Rekomendasikan Tujuh Saham Ini

“Dengan demikian, IHSG diperkirakan akan melanjutkan penguatannya di area 7.350 - 7.370 pada hari ini,” kata Valdy dalam risetnya, Kamis (7/3/2024).

Dari sisi global, di Amerika Serikat (AS) investor menanti rilis data Initial Jobless Claims minggu pertama Maret 2024 hari ini, yang diproyeksikan akan sama dengan akhir Februari 2024 yakni sebesar 215.000. 

Baca Juga:
IHSG Diproyeksi Menguat, Intip Pergerakan Deretan Saham Ini IHSG Berisiko Koreksi Wajar Sepanjang Perdagangan, Ini Pemicunya

Sementara, Non Farm Payroll yang akan rilis di Jumat (8/3/2024) besok juga diperkirakan turun signifikan di 160.000 pada Februari 2024 dari yang sebelumnya sebesar 353.000. Dengan demikian, investor meyakini risalah pidato ketua The Fed, Jerome Powell, akan lebih dovish. 

Masih dari global, lanjut Valdy, investor menanti keputusan suku bunga acuan di Euro Area oleh Bank Sentral Eropa (ECB) pada Kamis (7/3/2024) yang diperkirakan akan tetap menahan suku bunga acuannya di level 4,5% seiring dengan level inflasi di 2,6% pada Januari 2024. 

Baca Juga:
IHSG Diproyeksi Menguat, Intip Pergerakan Deretan Saham Ini Saham Teknologi Bergairah Topang Penguatan IHSG

“Dengan demikian, investor lebih berfokus terhadap proyeksi ECB terhadap kondisi perekonomian di Eropa, serta menanti petunjuk baru mengenai penurunan suku bunga,” ujar Valdy.

Dari dalam negeri, pada hari ini terdapat rilis data Cadangan Devisa Indonesia di Februari 2024 yang diperkirakan akan turun, seiring dengan intervensi pasar BI sepanjang bulan lalu di pasar valas dan juga obligasi untuk menstabilkan nilai tukar Rupiah. 

Meskipun demikian, cadangan devisa Indonesia masih diperkirakan akan tetap berada di atas standar kecukupan internasional yaitu tiga bulan impor. 

Untuk perdagangan hari ini, Valdy merekomendasikan saham PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), PT Adi Sarana Armada Tbk (ASSA), PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM), PT Bank Raya Indonesia Tbk (AGRO), PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN), dan PT Energi Mega Persada Tbk (ENRG).

(SLF)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.