Note

EUR/USD akan menghadapi badai akibat dimulainya kembali perang dagang

· Views 24

Sementara EUR/USD bersiap menghadapi peristiwa penting minggu ini, seperti pidato Jerome Powell di depan Kongres AS, pertemuan ECB, dan rilis data ketenagakerjaan AS, berita penting telah tiba dari Amerika Serikat. Pengadilan dengan suara bulat menolak gugatan Colorado terhadap Donald Trump. Partai Republik diizinkan untuk berpartisipasi dalam pemilihan presiden, yang menunjukkan bahwa euro harus bersiap menghadapi badai.

Apabila ia terpilih kembali, mantan pemilik Gedung Putih ini mengancam akan mengenakan tarif 10% pada semua impor ke AS. Bagi Tiongkok, tarif akan meningkat dari 20% menjadi 60%. Jika hal ini terjadi, Tiongkok, yang sudah mengalami kelebihan produksi, lemahnya permintaan dalam negeri, deflasi, dan krisis pasar real estat, akan menghadapi tantangan lebih lanjut. Konsekuensinya bagi Zona Euro juga tidak kalah buruknya.

Dinamika PDB Tiongkok

EUR/USD akan menghadapi badai akibat dimulainya kembali perang dagang

Menurut riset IW, perekonomian Jerman akan mengalami kontraksi sebesar 1,2% pada tahun 2028 atau 1,4% jika Tiongkok merespons tarif baru Trump secara simetris. Menariknya, salah satu korban awal adalah Amerika Serikat, namun seiring berjalannya waktu, perbaikan pada transaksi berjalan dan neraca keuangan mereka akan memungkinkan perekonomian pulih.

Bagaimanapun, kembalinya perang dagang bukanlah pertanda baik bagi PDB global dan, akibatnya, bagi mata uang pro-siklus seperti euro. Zona Euro, yang sudah melemah akibat krisis energi dan kekurangan tenaga kerja terampil, akan kembali terkena dampaknya. Meskipun data PMI terbaru cukup positif, pemulihan ekonomi masih jauh. Hal ini dibuktikan dengan kontraksi produksi industri di Prancis sebesar 1,1% pada bulan Januari, jauh lebih buruk dari perkiraan Bloomberg -0,1%. Data sebelumnya untuk bulan Desember telah direvisi ke bawah.

Dinamika Produksi Industri di Perancis

Lihat juga: Mulai trading Forex dengan broker level Eropa!
EUR/USD akan menghadapi badai akibat dimulainya kembali perang dagang

Barclays menyoroti tidak hanya perbedaan pertumbuhan ekonomi antara AS dan blok mata uang tersebut tetapi juga faktor-faktor lain yang mempengaruhi euro. Secara khusus, perusahaan percaya bahwa penilaian ulang pasar terhadap ekspektasi nasib suku bunga dana federal belum berakhir. Ketika Presiden Fed Atlanta Raphael Bostic benar dan pelonggaran kebijakan moneter baru dimulai pada kuartal ketiga dan berlangsung sangat lambat, dengan jeda, potensi penurunan EUR/USD masih jauh dari terungkap.

EUR/USD akan menghadapi badai akibat dimulainya kembali perang dagang

Adapun koreksi ke atas yang terjadi sejak pertengahan Februari ini, menurut Barclays, disebabkan adanya aksi jual USD di akhir bulan akibat position rebalancing. Harga tersebut telah berakhir, dan pasangan mata uang utama akan segera mencari perlindungan di bagian bawah kisaran trading 1.0–1.1.

Secara teknikal, pada grafik harian EUR/USD, terdapat peningkatan risiko terbentuknya pola pembalikan 1-2-3 dengan arah ke bawah. Agar hal ini terjadi, dua syarat harus dipenuhi. Pertama, kenaikan akan menunjukkan ketidakmampuan untuk mempertahankan kuotasi di atas batas atas kisaran nilai wajar 1.075–1.085. Kedua, pertahanan akan mampu menembus support seperti moving average di 1.081 dan level pivot di 1.08. Semua ini akan menjadi alasan untuk menjual.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.