Note

IHSG Hari ini Diprediksi Menguat, Berikut 4 Rekomendasi Sahamnya

· Views 18
IHSG hari ini diprediksi bergerak menguat pada sepanjang perdagangan. Pergerakan indeks saham akan berada pada kisaran 7.275-7.344. (Foto: Antara)

JAKARTA, iNews.id - Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG hari ini diprediksi bergerak menguat pada sepanjang perdagangan. Pergerakan indeks saham akan berada pada kisaran 7.275-7.344.

Pengamat pasar modal sekaligus Founder WH Project, William Hartanto mengatakan, dari perdagangan sebelumnya, tekanan IHSG tidak disertai dengan peningkatan nilai transaksi (malah menurun).

"Ini indikasi yang tidak buruk, namun tidak lantas menjadi kepastian bahwa IHSG akan naik hari ini juga," kata William dalam analisisnya, Selasa (5/3/2024).

Menurutnya, IHSG nampaknya mengulang siklus tahunan dimana pergerakan IHSG akan mencapai puncak pada bulan Maret-April.

"Dan baru saja memulai bulan Maret, kita sudah melihat bagaimana IHSG secara tiba-tiba menjadi sulit naik, dan nilai transaksi pun seringkali sepi," tuturnya.

Mengenai sepinya perdagangan, beberapa anggapan sepertinya benar, bahwa IHSG sedang kalah pamor dengan mata uang kripto.

"Namun, sebenarnya bukan karena sepi lalu menjadi alasan IHSG seolah harus turun," ucapnya.

Menurut William, ada faktor yang jelas terlihat dari IHSG sendiri, yaitu masa jenuh. Jadi, sangat terbuka peluang IHSG untuk bergerak di area 7.275-7.300an di awal Maret.

"Secara teknikal juga, IHSG membentuk pola double top yang menjadi bagian dari kondisi jenuh beli. Walupun belum mengkonfirmasi downtrend, namun ada baiknya waspada dengan pola ini," katanya.

Pada perdagangan kemarin, IHSG tertekan beban pelemahan saham GOTO, namun karena tidak ada peningkatan nilai transaksi yang signifikan, maka pelemahan ini tidak mengindikasikan bahaya dan hanya efek bobot saja.

Secara analisis teknikal, walaupun menurun di bawah 7.300, namun masih ada level 7.275 pada IHSG yang berhasil dipertahankan.

"Nampaknya area ini (7275-7300) akan menjadi demand zone sementara untuk IHSG. Pergerakan IHSG sejak Desember 2023 membentuk pola double top dengan neckline pada 7.099," ucapnya.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.