Note

IHSG Diprediksi Menguat, Intip Pergerakan Deretan Saham Ini

· Views 43
IHSG Diprediksi Menguat, Intip Pergerakan Deretan Saham Ini
IHSG Diprediksi Menguat, Intip Pergerakan Deretan Saham Ini. (Foto: MNC Media)

IDXChannel - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi bergerak menguat pada sepanjang perdagangan dengan pergerakan indeks akan berada di kisaran 7.275 – 7.344 hari ini, Selasa (5/3/2024).

Pengamat pasar modal sekaligus Founder WH Project, William Hartanto mengatakan, dari perdagangan sebelumnya, tekanan IHSG tidak disertai dengan peningkatan nilai transaksi.

Baca Juga:
IHSG Diprediksi Menguat, Intip Pergerakan Deretan Saham Ini IHSG Konsolidasi, Deretan Saham Ini Bisa Jadi Pilihan

"Ini indikasi yang tidak buruk, namun tidak lantas menjadi kepastian bahwa IHSG akan naik hari ini juga," tulis William dalam analisisnya, Selasa (5/3/2024).

Menurut dia, nampaknya IHSG mengulang siklus tahunan dimana pergerakan IHSG akan mencapai puncak pada bulan Maret – April.

Baca Juga:
IHSG Diprediksi Menguat, Intip Pergerakan Deretan Saham Ini IHSG Diprediksi Sideways, Fluktuasi Rupiah Jadi Sentimen

"Baru saja memulai bulan Maret, kita sudah melihat bagaimana IHSG secara tiba-tiba menjadi sulit naik, dan nilai transaksi pun seringkali sepi," katanya.

Mengenai sepinya perdagangan, beberapa anggapan sepertinya benar, bahwa IHSG sedang kalah pamor dengan mata uang kripto.

Baca Juga:
IHSG Diprediksi Menguat, Intip Pergerakan Deretan Saham Ini IHSG Sesi II Awal Pekan Melemah di Level 7.216

"Namun, sebenarnya bukan karena sepi lalu menjadi alasan IHSG seolah harus turun," ujar dia.

Menurut William, ada faktor yang jelas terlihat dari IHSG sendiri, yaitu masa jenuh. Jadi, sangat terbuka peluang IHSG untuk bergerak di area 7275 – 7300an di awal bulan Maret ini.

"Secara teknikal juga, IHSG membentuk pola double top yang menjadi bagian dari kondisi jenuh beli. Walupun belum mengkonfirmasi downtrend, namun ada baiknya waspada dengan pola ini," jelas dia.

Pada perdagangan kemarin, IHSG tertekan beban pelemahan saham GOTO, namun karena tidak ada peningkatan nilai transaksi yang signifikan, maka pelemahan ini tidak mengindikasikan bahaya dan hanya efek bobot saja.

Secara analisis teknikal, walaupun menurun di bawah 7300, namun masih ada level 7275 pada IHSG yang berhasil dipertahankan.

"Nampaknya area ini (7.275 – 7.300) akan menjadi demand zone sementara untuk IHSG. Pergerakan IHSG sejak Desember 2023 membentuk pola double top dengan neckline pada 7099," ujarnya.

Sedangkan untuk sentimen, belum ada sentimen baru yang perlu diperhatikan saat ini.

Sebelumnya, IHSG ditutup melemah sebesar -35.15 poin (-0.48%) menuju 7.276,74 pada perdagangan hari Senin 4 Maret 2024.

Sebanyak 196 saham menguat, 321 saham menurun, dan 254 saham tidak mengalami perubahan harga pada perdagangan kemarin. Nilai transaksi mencapai 7T (all market).

Berikut beberapa saham yang direkomendasikan secara teknikal.

ACES, sell on strength, support 760, resistance 860.
Pergerakan harga membentuk pola double top dengan neckline pada 760.

CLEO, buy, support 720, resistance 800.
Trend following dengan posisi candlestick menguat di atas MA5 dan MA20.

ITMG, buy on weakness, support 25800, resistance 27500.
Pelemahan terbatas dan membentuk demand zone pada area 25800 – 26900.

RSCH, buy, support 143, resistance 179.
Pergerakan mengkonfirmasi pola descending triangle pada 160.

(SLF)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.