Note

XAU/USD: Bulls menang

· Views 56

Menanggapi publikasi data aktivitas bisnis sektor manufaktur AS pada Jumat lalu, dolar melemah tajam, dan indeksnya (DXY) kembali turun di bawah 104,00.

Seperti dilansir Institute for Supply Management (ISM), Indeks Manajer Pembelian (PMI) manufaktur melemah hingga 47,8 di bulan Februari, turun dari 49,1 di bulan Januari dan di bawah perkiraan 49,5. Terlepas PMI S&P Global, dengan penilaian akhir meningkat pada bulan Februari dari 50,7 menjadi 52,2 (dibandingkan prakiraan dan estimasi awal 51,5), juga menunjukkan momentum positif di atas 50,0, yang mengindikasikan pertumbuhan dibandingkan perlambatan, pasar mengabaikan indikator ini .

Agaknya, investor juga mengevaluasi data makro penting yang diterbitkan sehari sebelumnya, menunjukkan bahwa indeks Pengeluaran Konsumsi Pribadi (PCE) inti tahunan turun dari 2,9% menjadi 2,8% di bulan Februari, membenarkan tren melemahnya inflasi di AS, seiring dengan dinamika PDB (berdasarkan estimasi kedua, perekonomian AS tumbuh +3,2% pada kuartal keempat, alih-alih +3,3% seperti estimasi awal).

Tekanan tambahan terhadap dolar dirasakan karena penurunan imbal hasil obligasi Treasury AS bertenor 10 tahun (lebih dari 1,5% pada hari Jumat) dan data dinamika klaim pengangguran awal, yang naik dari 202,000 menjadi 215,000 pada minggu pelaporan, melampaui perkiraan 210.000. Jumlah klaim lanjutan (untuk pekan yang berakhir 16 Februari) juga meningkat, melampaui perkiraan 1,874 juta.

Sementara itu, para pemimpin Federal Reserve membuat pernyataan kontradiktif mengenai prospek kebijakan moneter. Misalnya, Kepala Federal Reserve Bank di New York, John Williams, menyatakan bahwa langkah selanjutnya, menurutnya, adalah menurunkan suku bunga, meski tidak perlu terburu-buru dalam hal ini.

Akhir pekan ini (Rabu dan Kamis), Ketua Federal Reserve Jerome Powell akan memberikan kesaksian di depan Kongres dengan laporan tengah tahunan. Agaknya, ia juga akan menyuarakan penilaiannya terhadap prospek kebijakan moneter The Fed.

Data makro dan pernyataan dari perwakilan Fed yang diterbitkan minggu lalu mengenai rencana jangka pendek bank sentral AS kembali meningkatkan diskusi mengenai segera dimulainya siklus pelonggaran kebijakan moneter di AS dengan latar belakang penurunan obligasi pemerintah AS. imbal hasil, harga emas melonjak lebih dari 2% pada hari Jumat, dan pasangan XAU/USD mencapai tertinggi 9 minggu di 2088,00.

Pada hari Senin, pembeli emas tidak terburu-buru melepaskan posisinya, dan pasangan XAU/USD pada paruh pertama sesi trading Eropa mendekati 2.084,00, mempertahankan potensi pertumbuhan lebih lanjut. Namun, pendorong baru diperlukan untuk kenaikan lainnya.

XAU/USD: Bulls menang

Data bulan Februari mengenai indeks aktivitas bisnis di sektor jasa AS dan data pasar tenaga kerja, yang diperkirakan pada minggu ini, dapat menjadi pendorong jika data tersebut ternyata lemah. Laporan pertama diperkirakan akan diterbitkan pada hari Selasa: pada pukul 15:00 (GMT), ISM akan merilis PMI untuk sektor jasa AS.

Lihat juga: Anda dapat buka akun trading di sini.
XAU/USD: Bulls menang

Diperkirakan terjadi penurunan indeks yang relatif moderat, dari 53,4 menjadi 53,0 pada bulan Februari. Jika data terbukti lebih kuat dari perkiraan, XAU/USD diperkirakan akan mengalami perubahan arah ke bawah, dan koreksi mungkin memiliki jeda yang signifikan, hingga ke level support di tahun 2.029,00.

Pada hari Rabu, perhatian pelaku pasar akan beralih ke pidato Powell dan laporan dari Pemrosesan Data Otomatis (ADP) mengenai ketenagakerjaan sektor swasta, yang berfungsi sebagai pendahulu dari laporan resmi Departemen Tenaga Kerja AS untuk bulan Februari, yang dijadwalkan pada hari Jumat (pukul 13:30 GMT).

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.