Note

Harga CPO, Rupiah, dan Saham GOTO Kompak Rontok Bikin IHSG Sesi I Lesu

· Views 18
Harga CPO, Rupiah, dan Saham GOTO Kompak Rontok Bikin IHSG Sesi I Lesu
Harga CPO, Rupiah, dan Saham GOTO Kompak Rontok Bikin IHSG Sesi I Lesu (foto MNC Media)

IDXChannel - IHSG sesi I ditutup melemah 0,16% menjadi 7.300,41. Pelemahan IHSG hari ini disebabkan oleh penurunan harga komoditas, khususnya harga nikel dan CPO. 

"Harga CPO Rotterdam turun disebabkan oleh meningkatnya jumlah pasokan di tengah permintaan yang masih rendah," menurut riset harian Panin Sekuritas, Senin (4/3/2024). 

Baca Juga:
Harga CPO, Rupiah, dan Saham GOTO Kompak Rontok Bikin IHSG Sesi I Lesu Tekanan Jual Tiada Henti, Saham GOTO Turun Tajam ke Level Rp66

"Di sisi lain, nilai tukar rupiah terhadap USD mengalami pelemahan seiring dengan arah kebijakan moneter di global yang masih ketat dan ruang pemangkasan suku bunga The Fed yang tidak akan terjadi dalam jangka waktu dekat," jelasnya.

Sebagian besar harga komoditas bergerak melemah. Terpantau pelemahan terjadi pada harga nikel 1,29%, timah merosot 0,85%, dan CPO Rotterdam anjlok 4,31%. 

Baca Juga:
Harga CPO, Rupiah, dan Saham GOTO Kompak Rontok Bikin IHSG Sesi I Lesu Terus Dijual Asing, Saham GOTO Turun Tajam 13 Persen

Sementara penguatan signifikan terjadi pada harga batu bara sebesar 0,76% dan emas mendaki 2,56% yang disebabkan oleh pelemahan dolar dan imbal hasil US treasury yang lebih rendah, di tengah melemahnya data ekonomi AS. Sedangkan rupiah melemah 0,10% menjadi Rp15.720 per USD.

Untuk indeks sektoral mayoritas ditutup bervariasi pada sesi I. Pelemahan terdalam terjadi pada sektor teknologi sebesar 0,95%.

Baca Juga:
Harga CPO, Rupiah, dan Saham GOTO Kompak Rontok Bikin IHSG Sesi I Lesu IHSG Sesi I Tergelincir ke 7.300, Sektor Teknologi Turun Paling Dalam 
Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.