Note

Pratinjau Mingguan. Pertemuan ECB, kesaksian Powell di kongres, NFP bulan Februari

· Views 36

Pekan depan akan menjadi pekan yang menarik, dengan peristiwa-peristiwa besar yang terjadi pada paruh kedua pekan trading ini: kita akan mempelajari hasil pertemuan Bank Sentral Eropa pada bulan Maret, mendengar pendapat dari Ketua Federal Reserve (yang akan memberikan kesaksian di Kongres), dan menilai dinamika pasar tenaga kerja AS.

Lihat juga: Mulai trading Forex dengan broker level Eropa!
Pratinjau Mingguan. Pertemuan ECB, kesaksian Powell di kongres, NFP bulan Februari

Rangkaian peristiwa fundamental ini akan menjamin volatilitas pada pasangan EUR/USD. Oleh karena itu, trader mempunyai peluang untuk keluar dari pasar yang datar, baik bergerak menuju angka kesembilan (dengan target 1,1000) atau kembali ke angka ketujuh. Kami tidak akan bosan, tidak ada keraguan tentang itu.

Senin

Pada hari kerja pertama, indikator kepercayaan investor Sentix akan dipublikasikan, menunjukkan kepercayaan investor terhadap perekonomian zona euro. Sejak Maret 2022, nilai tukar berada di teritori negatif, menandakan pesimisme di kalangan investor. Namun, sejak November 2023, indikator tersebut menunjukkan tren kenaikan, dan menurut prakiraan, tren ini akan berlanjut di bulan Maret: indeks diperkirakan mencapai -10 poin (sebagai perbandingan, di bulan Oktober berada di -21,9 poin).

Selama sesi trading AS, Presiden Federal Reserve Bank of Philadelphia, Patrick Harker, dijadwalkan untuk berbicara. Belum lama ini, di penghujung Februari lalu, ia melontarkan pernyataan menarik. Dia mengizinkan penurunan suku bunga pada awal pertemuan Mei. Namun dia juga membutuhkan lebih banyak data untuk mengambil sikap mengenai masalah ini. Sejak itu, beberapa laporan penting telah diterbitkan, di antaranya adalah indeks PCE inti untuk bulan Januari (mencerminkan perlambatan inflasi) dan indeks manufaktur ISM (yang secara tak terduga turun menjadi 47 poin). Jika, dengan latar belakang rilis ini, Harker kembali berbicara tentang prospek penurunan suku bunga pada bulan Mei, dolar mungkin mendapat sedikit tekanan (Presiden Federal Reserve Bank of Philadelphia tidak memiliki hak suara tahun ini).

Selasa

Pada hari Selasa, perkiraan akhir indeks PMI Eropa untuk bulan Februari akan dipublikasikan. Menurut perkiraan, perkiraan awal akan bertepatan dengan perkiraan akhir, sehingga rilis ini kemungkinan besar akan diabaikan oleh pasar.

Peristiwa paling menarik pada hari Selasa akan terjadi selama sesi AS. Secara khusus, kita akan mempelajari nilai Indeks Manajer Pembelian Non-Manufaktur ISM pada bulan Februari. Menurut perkiraan, indikator ini akan tetap berada di zona ekspansi, yaitu di atas angka 50 poin, namun pada saat yang sama, diperkirakan akan menunjukkan tren menurun, turun ke 52.9, setelah hasil bulan Januari sebesar 53.4. Ingatlah bahwa indeks manufaktur ISM memasuki zona merah pekan lalu, memberikan tekanan signifikan terhadap dolar. Pada dasarnya, laporan ini memungkinkan para pembeli untuk mengambil inisiatif pada hari Jumat dan menyelesaikan pekan trading di 1,0840.

Peristiwa penting lainnya adalah pidato anggota Dewan Fed Michael Barr. Pada akhir Februari lalu, dia sudah mengutarakan pendapatnya yang bermuara pada sikap wait and see. Dia mencatat bahwa dia perlu melihat data yang baik dan berkelanjutan sebelum menganjurkan penurunan suku bunga, sementara laporan pertumbuhan CPI bulan Januari "mengingatkan kita bahwa jalan menuju inflasi 2% tidak akan merata." Dapat diasumsikan bahwa pada hari Selasa, ia akan menyampaikan pernyataan serupa, memberikan dukungan kepada greenback.

Rabu

Pimpinan The Fed akan memulai kesaksiannya selama dua hari di Kongres AS. Awalnya, ia akan menyampaikan laporan kebijakan moneter tengah tahunan kepada Komite Jasa Keuangan DPR, dan hari berikutnya (Kamis) – kepada Komite Perbankan, Perumahan, dan Urusan Perkotaan Senat. Mengingat pentingnya peristiwa ini bagi para trader EUR/USD, semua faktor fundamental lainnya akan menjadi prioritas utama.

Pelaku pasar terutama tertarik pada penilaiannya terhadap laporan terkini dalam konteks prospek pelonggaran moneter. Ingatlah bahwa sebagian besar data yang diterbitkan minggu lalu tidak mendukung greenback. Alih-alih diperkirakan naik hingga hampir 115 poin, indeks kepercayaan konsumen turun menjadi 106 poin; perkiraan pertumbuhan PDB AS pada kuartal keempat direvisi turun menjadi 3,2% (perkiraan awal – 3,3%); volume penjualan rumah tertunda di AS menurun sebesar 4,9% (bulan ke bulan). Belum lagi indeks manufaktur ISM dan indeks PCE inti yang disebutkan di atas.

Saat ini, pelaku pasar hampir yakin bahwa The Fed akan mempertahankan sikap saat ini pada bulan Maret dan Mei. Sedangkan untuk pertemuan bulan Juni, peluangnya 50/50. Powell kemungkinan besar tidak akan mengubah ekspektasi pasar terhadap pertemuan musim semi ini, namun bisa memperkuat atau melemahkan sentimen dovish mengenai prospek bulan Juni. Pasar akan menyesuaikan ekspektasinya ke bulan Juli/September atau meningkatkan kemungkinan The Fed mengambil langkah pertama dalam penurunan suku bunga pada awal bulan Juni.

Kamis

ECB akan mengumumkan hasil pertemuan bulan Maret. Tidak ada keraguan bahwa ECB akan mempertahankan posisi menunggu dan melihat. Hasil seperti itu sudah lama diperhitungkan oleh pasar dan tidak akan menimbulkan kesan apa pun. Hanya prospek selanjutnya yang menarik.

Baru-baru ini, retorika anggota ECB melunak. Jika pada awal tahun kebanyakan berbicara tentang mempertahankan status quo dengan "tanggal terbuka", kini tanggal penurunan suku bunga putaran pertama yang ramai diperbincangkan. Seringkali, bulan Juni disebutkan. Anggota Dewan Pengurus ECB, termasuk Peter Kazimir dan Yannis Stournaras, telah angkat bicara mengenai tanggal ini. Banyak perwakilan ECB tidak mengatakannya secara langsung namun mengisyaratkan prospek bulan Juni, termasuk Presiden ECB Christine Lagarde ketika dia mengatakan bahwa data upah baru-baru ini "menggembirakan" (pertumbuhan upah di zona euro melambat menjadi 4,5% pada kuartal keempat). Menurut dia, jika tren penurunan terus berlanjut pada tahun ini, maka hal itu akan menjadi "faktor penentu". Mengingat angka-angka untuk kuartal pertama tahun 2024 akan dipublikasikan pada bulan Mei, ECB mungkin akan menurunkan suku bunga pada pertemuan bulan Juni (dengan asumsi kondisi kondusif).

Menurut pendapat saya, hasil pertemuan ECB bulan Maret tidak akan menguntungkan euro: sinyal dovish akan memberikan tekanan pada mata uang tunggal.

Jumat

Pada hari trading terakhir minggu ini, AS akan merilis data utama pasar tenaga kerja untuk bulan Februari. Menurut perkiraan awal, tingkat pengangguran di AS akan tetap pada 3,7%. Jumlah non-farm payrolls diperkirakan meningkat sebesar 190.000, jauh lebih rendah dibandingkan bulan Januari (353.000) dan Desember (333.000). Pendapatan rata-rata per jam di bulan Februari diperkirakan akan tumbuh sebesar 4,4% (pada bulan Januari sebesar 4,5%).

Bulan lalu, Nonfarm Payrolls mengejutkan pelaku pasar dengan "warna hijau": meskipun ekspektasinya rendah, datanya menunjukkan hasil yang kuat. Jika Nonfarm Payrolls bulan Februari juga berakhir di zona "hijau", dolar akan menerima dukungan besar. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pasar tenaga kerja AS tidak melemah, namun sebaliknya, memanas.

Kesimpulan

Dengan probabilitas yang tinggi, kita dapat berasumsi bahwa pada akhir minggu mendatang, pasangan EUR/USD akan keluar dari kisaran angka ke-8. Terutama jika peristiwa-peristiwa penting minggu ini terjadi: ECB menunjukkan posisi dovish, sementara Powell menganjurkan mempertahankan status quo (dukungan tambahan dapat datang dari Nonfarm Payrolls jika berakhir di zona hijau).

Anda dapat mempertimbangkan long position setelah pasangan ini berkonsolidasi di atas level resistance 1.0890 (batas bawah awan Kumo pada grafik harian). Short position setelah pasangan ini berkonsolidasi di bawah target 1,0780 (garis tengah Bollinger Bands pada jangka waktu yang sama).



Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.