Note

Investor Menanti Dividen, IHSG Hari Ini Dibuka Menguat ke 7.321

· Views 25
Investor Menanti Dividen, IHSG Hari Ini Dibuka Menguat ke 7.321
Ilustrasi/Foto: Agung Pambudhy
Jakarta

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hari ini dibuka menguat. IHSG naik 9 poin (0,13%) ke level 7.321.

Mengutip data RTI, Senin (4/3/2024), IHSG berada di level tertingginya pada 7.328 dan terendahnya 7.311. Sebanyak 196 saham menguat, 150 turun, dan 232 stagnan.

Financial Expert Ajaib Sekuritas, Ratih Mustikoningsih dalam risetnya menyebut, pada pekan ini pelaku pasar menantikan RUPS perbankan big banks yang berpotensi memberikan porsi besar pada Dividend Payout Ratio (DPR). IHSG hari ini (4/3) diprediksi bergerak mixed dan menguat dalam range 7.260-7.355.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Adapun sentimen yang mempengaruhi pergerakan IHSG hari ini antara lain, dari dalam negeri, inflasi tahunan domestik periode Februari 2024 tercatat di level 2,75%, setelah pada bulan sebelumnya tercatat 2,57%. Kenaikan inflasi diakibatkan oleh lonjakan harga bahan pangan, transportasi dan pelayanan kesehatan. Meskipun mengalami kenaikan, inflasi tetap dalam target Bank Indonesia (BI) di tahun 2024 sebesar 1,5-3,5%," tulisnya.

Dari mancanegara, indeks konsumen Amerika Serikat (AS) pada Februari 2024 yang tercermin dari Indeks ekspektasi konsumen versi Universitas Michigan turun ke level 75,2 dari bulan sebelumnya sebesar 77,1. Sejalan dengan itu, indeks ekspektasi terhadap kondisi ekonomi juga turun ke level 79.4 dari bulan sebelumnya 81,9.

Hasil tersebut mencerminkan ekonomi AS mulai melunak. Rilis tersebut juga memberikan katalis positif bagi pasar ekuitas, dimana Wall Street di akhir pekan mengalami apresiasi. Dari Asia, indeks PMI manufaktur versi Caixin China pada Februari 2024 di level ekspansif sebesar 50,9 dari posisi bulan sebelumnya 50,8. Aktivitas produksi menguat diikuti naiknya permintaan dan ekspor.

(ara/ara)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.