Note

Bursa Sepekan, IHSG Naik 0,23 Persen hingga Investor Asing Outlow Rp3,69 Triliun

· Views 44
Bursa Sepekan, IHSG Naik 0,23 Persen hingga Investor Asing Outlow Rp3,69 Triliun
Bursa Sepekan, IHSG Naik 0,23 Persen hingga Investor Asing Outlow Rp3,69 Triliun. Foto: MNC Media.

IDXChannel - Bursa Efek Indonesia (BEI) mencatat enam fakta perdagangan sepanjang periode 26 Februari hingga 1 Maret 2024. Selama lima hari transaksi, terjadi perubahan cukup variatif mulai dari Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) hingga rata-rata nilai transaksi harian (RNTH).

IHSG mampu bertahan di zona hijau dengan kenaikan 0,23% dalam sepekan, kendati RNTH mengalami koreksi. Penurunan juga terjadi dari sisi kapitalisasi pasar, meskipun terdapat penghuni baru yang mencatatkan sahamnya di bursa.

Baca Juga:
Bursa Sepekan, IHSG Naik 0,23 Persen hingga Investor Asing Outlow Rp3,69 Triliun BEI Buka Gembok Saham MPIX dan Waran Seri I MPIX-W Hari Ini

Dari sisi supply, bursa kedatangan satu emiten dan dua emisi surat utang baru. Pada Selasa (27/2/2024), PT Satu Visi Putra Tbk (VISI) melakukan pencatatan perdana saham di Papan Pengembangan BEI. 

VISI merupakan perusahaan ke-19 yang tercatat di BEI pada 2024 dan bergerak pada sektor Perindustrian dengan sub industri Peralatan Kantor.

Baca Juga:
Bursa Sepekan, IHSG Naik 0,23 Persen hingga Investor Asing Outlow Rp3,69 Triliun Empat Saham Ini Masuk Radar Pantauan BEI, Kenapa?

Selanjutnya ada penerbitan Obligasi Berkelanjutan IV Merdeka Copper Gold Tahap V Tahun 2024 yang diterbitkan oleh PT Merdeka Copper Gold (MDKA) mulai dicatatkan di BEI dengan nominal Rp1,5 triliun. Hasil pemeringkatan PT Pemeringkat Efek Indonesia untuk Obligasi ini adalah idA+ (Single A Plus). 

Kemudian pada Rabu (28/2), Obligasi Berkelanjutan I Pyridam Farma Tahap III Tahun 2024 (PYFA01CN3) dicatatkan di BEI dengan nilai nominal Rp400 miliar dan jangka waktu dua tahun. 

Baca Juga:
Bursa Sepekan, IHSG Naik 0,23 Persen hingga Investor Asing Outlow Rp3,69 Triliun Investor, Cek Daftar Perusahaan Farmasi yang Terdaftar di BEI 2024

Hasil pemeringkatan dari PT Kredit Rating Indonesia untuk Obligasi adalah idBBB+ (Triple B+). Bertindak sebagai Wali Amanat dalam emisi ini adalah PT Bank KB Bukopin Tbk.

Mengutip data BEI, Sabtu (2/3/2024) berikut enam fakta perdagangan bursa pekan ini:

1. IHSG Menguat

IHSG meningkat 0,23% dalam sepekan di level 7.311,90, dari penutupan pekan sebelumnya di 7.295,09.

2. Rata-Rata Nilai Transaksi Harian (RNTH)

Rata-rata nilai transaksi harian BEI jatuh 26,56% menjadi Rp10,15 triliun dari Rp13,82 triliun pada pekan sebelumnya.

3. Rata-Rata Frekuensi Harian

Kemudian, frekuensi transaksi harian selama sepekan juga turun 2,01% menjadi 1,269 juta kali transaksi dari 1,295 juta kali transaksi pada pekan sebelumnya.

Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.