Note

Asing Masih Jualan saat Saham ASII Naik usai Rilis Lapkeu dan Dividen

· Views 39
Asing Masih Jualan saat Saham ASII Naik usai Rilis Lapkeu dan Dividen
Asing Masih Jualan saat Saham ASII Naik usai Rilis Lapkeu dan Dividen. (Foto: Astra)

IDXChannel – Investor asing melepas saham PT Astra International Tbk (ASII) dalam sepekan di tengah perusahaan merilis laporan keuangan (lapkeu) tahun fiskal (FY) 2023. 

Data Bursa Efek Indonesia (BEI) menunjukkan, saham ASII naik 1,95 persen dalam sepekan. Per Jumat (1/2), saham konglomerat otomotif hingga pertambangan tersebut dibanderol di harga Rp5.225 per saham.

Baca Juga:
Asing Masih Jualan saat Saham ASII Naik usai Rilis Lapkeu dan Dividen Astra International (ASII) Siap Tebar Dividen Rp421 per Saham

Pergerakan harga saham ASII stagnan pada Jumat, usai memiliki fluktuasi yang tinggi, yang dalam istilah analisis teknikal berbentuk candle (batang lilin) long-legged doji.

Jenis candle inilah yang akhirnya menutup gap up yang sempat terbentuk pada perdagangan Rabu (28/2) ketika investor merespons positif rilis kinerja keuangan Astra.

Baca Juga:
Asing Masih Jualan saat Saham ASII Naik usai Rilis Lapkeu dan Dividen Ini Penopang Laba FIF Group Astra (ASII) Melesat Jadi Rp4,1 Triliun di 2023

Sedikit kilas balik. Pada Rabu, pukul 09.54 WIB, saham ASII melejit 3,86 persen ke Rp5375 per saham dan membuat gap up sebesar 2,5 persen di awal perdagangan, sebelum akhirnya ditutup naik 0,97 persen di hari itu.

Gap up adalah celah kosong dalam grafik teknikal akibat lonjakan tiba-tiba di awal perdagangan sebelum mengalami penurunan penguatan.

Baca Juga:
Asing Masih Jualan saat Saham ASII Naik usai Rilis Lapkeu dan Dividen Astra International (ASII) Raup Laba Bersih Rp33,8 Triliun Ditopang Penjualan Motor

Dalam khazanah analisis teknikal, gap up berpotensi ditutup, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang, dan menjadi perhatian para trader.

Gap sering kali ditutup atau terisi ketika investor mulai menggali lebih dalam kinerja keuangan perusahaan.

Selain itu, seperti dijelaskan sejumlah sumber, gap juga dapat terisi karena alasan teknikal. Ketika gap terjadi, biasanya tidak ada support atau resistance antara harga baru suatu saham dan harga sebelum gap.

Kendati saham ASII berhasil naik sepekan, di tengah tren penurunan mayor (major downtrend), investor asing mencatatkan jual bersih (net sell) Rp291,24 miliar di pasar reguler. Dalam sebulan, net sell asing tercatat sebesar Rp504,89 miliar.

Maklum, asing kerap menjadi penggerak harga saham ASII selama ini. Jadi, aliran dana masuk (inflows) atau keluar (outflows) asing di ASII turut menjadi perhatian pasar.

Raup Laba Bersih Rp33,8 Triliun

Sebelumnya, Astra mengantongi laba bersih Rp33,8 triliun atau meningkat 17% sepanjang 2023.

Pencapaian laba bersih ini ditopang oleh pemulihan penjualan sepeda motor dan pertumbuhan bisnis pembiayaan konsumen.

“Grup mencatatkan pencapaian kinerja tertinggi pada tahun 2023, didukung oleh pemulihan penjualan sepeda motor dan pertumbuhan bisnis pembiayaan konsumen. Grup tetap menunjukkan resiliensi dengan diversifikasi portofolio bisnisnya, meskipun harga komoditas turun dan kondisi perekonomian melemah pada semester kedua,” kata Presiden Direktur Astra International Djony Bunarto Tjondro dalam keterangan resmi, Selasa (27/2/2024).

Adapun pendapatan bersih konsolidasian Grup pada 2023 sebesar Rp316,6 triliun, atau meningkat 5% dibandingkan dengan tahun lalu. Sementara penjualan sepeda motor meningkat sebesar 22%, dengan pangsa pasar yang lebih tinggi.

Nilai aset bersih per saham pada 31 Desember 2023 sebesar Rp4.907, meningkat 3% dibandingkan posisi pada 31 Desember 2022.

Kas bersih, tidak termasuk anak perusahaan jasa keuangan Grup, mencapai Rp29 miliar pada 31 Desember 2023, dibandingkan dengan Rp35,1 triliun pada 31 Desember 2022.

Selain dividen yang lebih tinggi yang dibagikan pada April 2023, belanja modal dan investasi konsolidasian Grup pada 2023 meningkat dua kali lipat menjadi Rp45,9 triliun, terutama disebabkan oleh investasi PT United Tractors Tbk (UT) di sektor nikel dan energi terbarukan sebagai bagian dari rencana transisinya.

“Kami mengantisipasi terjadinya penurunan siklus pertumbuhan di tahun 2024. Namun demikian, kami yakin bahwa Grup berada pada posisi yang baik untuk mencapai pertumbuhan jangka panjang, melalui penguatan bisnis inti kami serta investasi baru yang mendukung prioritas strategis kami,” jelas dia.

Lebih lanjut, utang bersih anak perusahaan Grup di divisi jasa keuangan meningkat menjadi Rp52,2 triliun pada 31 Desember 2023, dari Rp44,5 triliun pada akhir 2022, sejalan dengan pertumbuhan penyaluran kredit sepeda motor.

Tebar Dividen

Dividen final sebesar Rp421 per saham (2022: Rp552 per saham) akan diusulkan pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan Perseroan pada April 2024.

Dividen final yang akan diusulkan tersebut, bersama dengan dividen interim sebesar Rp98 per saham (2022: Rp88 per saham) yang dibagikan pada Oktober 2023, akan menjadikan total dividen yang diusulkan untuk tahun 2023 menjadi Rp519 per saham (2022: Rp640 per saham), dengan rasio pembayaran dividen sebesar 62% (berdasarkan laba bersih Grup sebesar Rp34,0 triliun, tidak termasuk penyesuaian nilai wajar atas investasi di GoTo dan Hermina). Rasio tersebut lebih tinggi dari rata-rata rasio pembayaran dividen historis Perseroan.

Kabar Negatif

Astra memang diselimuti banyak sentimen negatif akhir-akhir ini, yang turut menekan harga saham perusahaan, mulai dari temuan ketidaksesuaian sertifikasi emisi mesin diesel Toyota, aksi pangkas rekomendasi a la JP Morgan dan Macquarie pada 22 Januari lalu di tengah masuknya produsen mobil listrik China macam BYD ke Indonesia, manipulasi uji keselamatan tabrakan yang dilakukan Daihatsu Motor Co. Ltd Jepang, hingga kabar skuter matik Honda besutan PT Astra Honda Motor (AHM) yang menggunakan rangka eSAF keropos dan patah. (ADF)

Disclaimer: Keputusan pembelian/penjualan saham sepenuhnya ada di tangan investor.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.