Note

Tiga Jurus PGAS Jaga Keberlanjutan Bisnis dan Peningkatan Pemanfaatan Gas Domestik

· Views 30
Tiga Jurus PGAS Jaga Keberlanjutan Bisnis dan Peningkatan Pemanfaatan Gas Domestik
Tiga Jurus PGAS Jaga Keberlanjutan Bisnis dan Peningkatan Pemanfaatan Gas Domestik. (Foto: Dok. PGN)

IDXChannel - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS) atau PGN, Subholding Gas PT Pertamina (Persero), menyusun tiga strategis untuk menjaga keberlangsungan bisnis perusahaan dalam jangka panjang, dan mengoptimalkan pemanfaatan gas bumi.

“PGN memiliki tiga strategi prioritas yang akan menjadi kunci utama perusahaan dalam memperkuat fundamental bisnis di masa depan. Grow, Adapt & Step out (GAS) menjadi strategi PGN dalam menghadapi perubahan lingkungan bisnis energi yang sangat dinamis. Sebagai bagian dari BUMN PGN juga akan terus berkomitmen mendukung upaya-upaya peningkatan utilisasi gas bumi sebagai sumber energi domestik yang memberikan banyak manfaat bagi bangsa kita,” jelas Direktur Utama PGN, Arief Setiawan Handoko, dalam keterangan tertulis, Jumat (1/3/2024).

Baca Juga:
Tiga Jurus PGAS Jaga Keberlanjutan Bisnis dan Peningkatan Pemanfaatan Gas Domestik PGN Pasok Gas Bumi ke Industri Kaca di KIT Batang

Arief mengatakan, sebagai perusahaan yang telah membangun dan mengelola infrastruktur gas bumi terbesar di Indonesia, PGN telah mengambil peran yang dominan untuk menjadikan gas bumi sebagai salah satu sumber energi utama khususnya pada era transisi energi di Indonesia. Peran itu dijalankan PGN di antaranya dengan menyalurkan gas bumi dari berbagai sumber pasokan di wilayah-wilayah Indonesia kepada banyak segmen konsumen yang tersebar dari Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi hingga Papua.

Selain melayani kebutuhan sektor-sektor strategis seperti kelistrikan, pupuk dan petrokimia, gas bumi PGN juga mengalir ke ribuan industri mulai dari yang kelas UMKM hingga industri besar. PGN juga menjadi motor utama pembangunan jaringan gas (jargas) ke rumah tangga yang diarahkan untuk mengurangi ketergantungan terhadap penggunaan LPG.

Baca Juga:
Tiga Jurus PGAS Jaga Keberlanjutan Bisnis dan Peningkatan Pemanfaatan Gas Domestik PGN (PGAS) Gandeng Conrad Energy Jajaki Potensi Pasokan Gas Bumi di Aceh

Menurut Arief, tiga strategi prioritas itu yang pertama, Grow yaitu PGN akan terus memperkuat dan menumbuhkan layanan bisnis yang ada saat ini untuk memastikan setiap layanan kepada pelanggan berlangsung prima dan mampu mendorong kinerja perusahaan terus tumbuh positif. Beberapa inisiatif yang telah dan akan dilakukan PGN antara lain membangun sejumlah infrastruktur gas seperti penyaluran gas dari Jambaran Tiung Biru (JTB) ke Petrokimia Gresik, proyek pipa WNTS – Pemping yang ditujukan untuk mendorong optimalisasi gas dari West Natuna, serta proyek Kilang Tuban yang menjadi bagian dari proyek strategis nasional. 

“PGN berupaya untuk merealisasikan target pertumbuhan panjang infrastruktur gas bumi nasional dengan penambahan 11 ribu km di 2034. Secara bisnis partisipasi PGN dalam proyek-proyek strategis tersebut akan mendorong pertumbuhan konsumsi gas dalam jumlah yang besar. Sementara dengan banyaknya perusahaan besar yang beralih ke gas, PGN juga turut membantu proses transisi energi menuju net zero emisi. Dua hal itu adalah aspek fundamental bagi masa depan PGN,” kata Arief.

Baca Juga:
Tiga Jurus PGAS Jaga Keberlanjutan Bisnis dan Peningkatan Pemanfaatan Gas Domestik PGN Sosialisasikan Bahan Bakar Gas di IIMS 2024, Diklaim Lebih Hemat

Masih dalam upaya menguatkan bisnis, perusahaan juga terus memperluas jaringan gas (jargas) bagi rumah tangga. Pada tahun 2024, PGN menargetkan untuk membangun perluasan sambungan rumah tangga sebanyak 200 ribu sambungan rumah tangga.

Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.