Note

Jokowi Ungkap Paksa Freeport Bangun Smelter Setelah 55 Tahun Ekspor Mentahan

· Views 28
Jokowi Ungkap Paksa Freeport Bangun Smelter Setelah 55 Tahun Ekspor Mentahan
Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bercerita sempat memaksa PT Freeport Indonesia membangun industri smelter. Perusahaan yang bermarkas di Amerika Serikat itu telah lama mengekspor bahan mentah selama 55 tahun.

Padahal bisa saja produk yang diekspor itu bukan hanya tembaga, tapi juga kandungan logam lainnya, seperti emas.

"Tembaga yang sudah 55 tahun diekspor dalam bentuk mentahan oleh PT Freeport bayangkan 55 tahun dan kita tidak tahu apakah yang diekspor itu hanya tembaga atau ada emasnya. Oleh sebab itu 9 tahun yang lalu saya paksa untuk mereka mau membangun yang namanya industri smelter," papar Jokowi dalam acara Pembukaan Muktamar XX Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, disiarkan langsung lewat YouTube tvMU Channel, Jumat (1/3/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Jokowi juga mengungkap tidak mudah mendorong Freeport membangun smelter dalam negeri. Pasalnya, sudah terbiasa mengekspor bahan mentah ke Jepang dan Spanyol.

Di Kedua negara menurut Jokowi ada smelter untuk mengolah bahan mentah tambang.

"Berarti kita kehilangan nilai tambah yang pertama dan kehilangan kesempatan kerja yang tinggi bagi anak bangsa," sambung Jokowi

Tidak ingin terus-terusan bahan mentah dieskpor, Jokowi meminta BUMN membeli saham Freeport sebesar 51%. Dengan kepemilikan mayoritas saham itu, Jokowi pun terus menggenjot pembangunan smelter.

"Setelah kita mayoritas baru saya perintah BUMN-nya agar industri smelter segera dibangun dan insya Allah di bulan Juni pada tahun ini industri smelter PT Freeport yang akan mengolah tembaga dan juga mungkin yang ada emasnya akan mulai beroperasi," ujar Jokowi

(hns/hns)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.