Note

EUR/USD: Apa yang diperlukan untuk mengembalikan tren naik?

· Views 28

Bank sentral telah berhasil mencapai tujuan mereka dengan secara eksplisit menyatakan keengganan mereka untuk segera menurunkan suku bunga. Langkah strategis ini telah memaksa pasar keuangan untuk mematuhi pendiriannya. Para investor menantikan Federal Reserve System dan Bank Sentral Eropa (ECB) untuk melonggarkan kebijakan moneter pada bulan Juni, mengambil tiga langkah progresif ke arah ini sepanjang tahun 2024.

Keadaan ini tidak memberikan keuntungan baik bagi bull maupun bear EUR/USD. Fakta bahwa pasangan mata uang utama ini terbatas dalam kisaran trading yang sempit bukanlah hal yang mengejutkan. Pasangan ini menunggu perkembangan yang berpotensi menggegerkan para trader. Apa yang mungkin menjadi katalisnya? Rapat ECB, pidato Jerome Powell, atau statistik lapangan kerja AS?

Dinamika ekspektasi pasar terhadap suku bunga Fed dan ECB

EUR/USD: Apa yang diperlukan untuk mengembalikan tren naik?

Jika kebijakan Anda bergantung pada data, mengapa harus membahas penurunan suku bunga pada bulan Juni? Inilah kesalahan para pejabat ECB. Rekan-rekan mereka di Amerika mengeluarkan komentar yang lebih tidak jelas. Presiden Federal Reserve Bank New York, John Williams, menyatakan posisi yang paling masuk akal. Ia menekankan dua kali dalam beberapa hari bahwa pengetatan kebijakan moneter sudah berlalu, dan suku bunga dana federal akan turun pada akhir tahun ini.

Data PCE Amerika menegaskan pandangan dunianya. Indikator-indikator yang dirilis sesuai dengan prakiraan, tidak mengejutkan pasar keuangan. Sebaliknya, harga konsumen Eropa pada bulan Februari ternyata lebih baik dari perkiraan, naik sebesar 2,6% dan inflasi inti sebesar 3,1%. Dinamika indikator-indikator tersebut merupakan kabar baik bagi para pemimpin ECB yang agresif. Namun alih-alih naik, EUR/USD terus melemah.

Dinamika Inflasi Eropa

Lihat juga: Anda dapat buka akun trading di sini.
EUR/USD: Apa yang diperlukan untuk mengembalikan tren naik?

Kenyataannya, kebijakan moneter yang terlalu transparan mengurangi otonomi investor. Mayoritas dari 63% pakar Reuters mengantisipasi penurunan suku bunga deposito oleh Bank Sentral Eropa dari 4% menjadi 3,75% pada bulan Juni, melampaui konsensus 45% dari survei sebelumnya. Selain itu, 17 dari 73 pakar memperkirakan dimulainya ekspansi moneter pada bulan April, sementara 10 pakar lainnya memperkirakan ekspansi moneter akan terjadi pada paruh kedua tahun 2024. Proyeksi konsensus menunjukkan penurunan sebesar 100 basis poin, yang menjadikan biaya pinjaman menjadi 3%.

Pasar berjangka mencerminkan tren serupa mengenai suku bunga dana federal, memproyeksikan penurunan sebesar -75 basis poin di bulan Juni. Investor selaras dengan sikap bank sentral, yang menjelaskan stagnasi EUR/USD.

Apa berikutnya? Menurut Bank of America, pasangan mata uang utama akan tumbuh menjadi 1,15 pada akhir tahun karena perekonomian AS akhirnya mulai melambat pada sisa tahun 2024. Sebaliknya, zona euro akan mengalami pemulihan. PDB negara tersebut akan pulih, dan penurunan penyimpangan pertumbuhan ekonomi akan memungkinkan euro untuk mengungguli dolar.

EUR/USD: Apa yang diperlukan untuk mengembalikan tren naik?

Di sisi lain, Nordea meyakini ECB akan memangkas suku bunga sebanyak tiga kali mulai bulan Juni, sedangkan The Fed akan melakukan dua kali penurunan mulai bulan September. Lambatnya pelonggaran kebijakan moneter adalah kunci dari tren menurun EUR/USD.

Secara teknis, pasangan mata uang utama terus berkonsolidasi di chart harian. Batas atasnya berada di dekat 1,088, dan batas bawahnya berada di 1,0725. Strategi penjualan EUR/USD pada ketidakmampuan bull untuk memainkan pin bar telah berhasil. Masuk akal untuk mmepertahankan posisi short untuk saat ini.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.