Note

EUR/USD. 1 Maret. Inflasi akan menentukan nasib euro

· Views 36

Pasangan EUR/USD mengeksekusi pembalikan yang menguntungkan dolar AS pada hari Kamis, jatuh ke level 1,0797, yang membentuk zona support lain di level 1,0785. Baru-baru ini, beberapa level tambahan sudah terbentuk pada grafik. Euro berada dalam kisaran harga yang sempit, di mana ia terus-menerus menemukan level support dan resistance baru. Pemantulan dari zona 1.0785–1.0797 akan menguntungkan mata uang Eropa dan melanjutkan pertumbuhan menuju level korektif 61.8%–1.0883.

EUR/USD. 1 Maret. Inflasi akan menentukan nasib euro

Situasi gelombang masih cukup jelas. Gelombang naik terakhir yang telah selesai dengan percaya diri menembus puncak gelombang sebelumnya (mulai 12 Februari), namun saat ini, saya menganggapnya telah selesai. Oleh karena itu, saat ini kita mempunyai tren "bullish", dan tidak ada tanda-tanda gelombang akan selesai. Namun, penetapan harga di bawah koridor dapat dianggap sebagai tanda pertama kemunduran pembeli. Dalam waktu dekat, saya memperkirakan terbentuknya wave korektif ke bawah, yang tidak akan melanggar tren "bullish". Namun jika gelombang naik berikutnya gagal menembus puncak dari tanggal 22 Februari, kita akan mendapatkan tanda gelombang pertama dari perubahan tren menjadi "bearish".

Latar belakang informasi pada hari Kamis memang beragam, namun hari ini adalah hari Jumat, dan latar belakangnya pun tidak kalah menariknya. Saya percaya bahwa bagi Euro, hal terpenting hari ini adalah laporan inflasi di Uni Eropa untuk bulan Februari. Kemarin kita mengetahui bahwa inflasi di Jerman turun menjadi 2,5%. Saat ini, inflasi Eropa mungkin menunjukkan nilai yang sama (atau bahkan lebih rendah). Menurut pendapat saya, pelaksanaan perkiraan atau nilai yang lebih rendah akan membantu penjual menembus zona support di level 1.0785–1.0797, yang menyebabkan penurunan lebih lanjut dalam mata uang Eropa. Pada paruh kedua hari ini, saya menyarankan untuk memperhatikan indeks ISM di AS.

Lihat juga: Mulai trading Forex dengan broker level Eropa!
EUR/USD. 1 Maret. Inflasi akan menentukan nasib euro

Pada grafik 4 jam, pasangan ini mengeksekusi pemantulan baru dari level korektif 50,0%–1,0862. Dengan demikian, pembalikan yang mendukung dolar AS telah dilakukan, dan penurunan menuju level korektif 38,2% –1,0765 dimulai. Konsolidasi di atas level 1.0862 meningkatkan kemungkinan dimulainya kembali pertumbuhan menuju level korektif 61.8%–1.0959. Tidak ada divergensi yang muncul hari ini untuk indikator apa pun.

Laporan Commitments of Traders (COT):

EUR/USD. 1 Maret. Inflasi akan menentukan nasib euro

Pada minggu pelaporan terakhir, spekulan membuka 2.346 kontrak panjang dan menutup 12.823 kontrak pendek. Sentimen kelompok "Non-komersial" masih "bullish" namun terus melemah. Jumlah total kontrak panjang yang terkonsentrasi di tangan spekulan kini berjumlah 213 ribu, dan kontrak pendek – 145 ribu. Saya masih yakin bahwa situasinya akan terus berubah dan menguntungkan penjual. Bulls telah mendominasi pasar terlalu lama, dan sekarang mereka memerlukan berita kuat untuk mempertahankan tren "bullish". Pada saat yang sama, jumlah total long position yang terbuka lebih sedikit dibandingkan jumlah short position (644 ribu versus 665 ribu). Namun keseimbangan kekuatan seperti itu telah diamati sejak lama.

Kalender berita untuk AS dan Uni Eropa:

Uni Eropa – Indeks Manajer Pembelian Manufaktur di Jerman (08:55 UTC).

Uni Eropa – Indeks Manajer Pembelian Manufaktur (09:00 UTC).

Uni Eropa – Indeks Harga Konsumen (10:00 UTC).

Uni Eropa – Tingkat Pengangguran (10:00 UTC).

AS – Indeks Manajer Pembelian Manufaktur (14:45 UTC).

AS – Indeks Manajer Pembelian Manufaktur ISM (15:00 UTC).

AS – Indeks Sentimen Konsumen Universitas Michigan (15:00 UTC).

Pada tanggal 1 Maret, kalender peristiwa ekonomi berisi beberapa entri, di antaranya inflasi di UE dan indeks ISM di AS yang menonjol. Dampak latar belakang berita terhadap sentimen trader hari ini bisa jadi cukup kuat baik di pagi hari maupun sore hari.

Perkiraan untuk EUR/USD dan saran trader:

Penjualan pasangan ini mungkin terjadi saat rebound dari level 1,0862 pada grafik 4 jam dengan target di 1,0823 dan 1,0785. Target pertama tercapai, target kedua hampir tercapai. Penjualan baru – ketika ditutup di bawah 1,0823 dengan target di 1,0785 dan 1,0725. Saya tidak akan mempertimbangkan untuk membeli pasangan ini untuk saat ini, karena saya percaya bahwa penurunan harga euro akan berlanjut untuk beberapa waktu.



Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.