Note

Begini Modus Penipuan Berkedok Investasi yang Memangsa Emak-Emak

· Views 33
Begini Modus Penipuan Berkedok Investasi yang Memangsa Emak-Emak
Begini Modus Penipuan Berkedok Investasi yang Memangsa Emak-Emak (Foto MNC Media)

IDXChannel - Perempuan ternyata memiliki risiko lebih besar jadi korban penipuan berkedok investasi. Pasalnya, dari analisis Asosiasi Pelaku Reksa Dana dan Investasi Indonesia (APDRI), ditemukan beberapa jenis penipuan yang menggiurkan para korban, yang mayoritas kaum hawa.

Dewan Eksekutif APDRI, Mauldy R. Makmur mengatakan, sering mendengar banyak laporan dan cerita perihal penipuan investasi dengan korban perempuan dan ibu-ibu. Meskipun diakui Mauldy, tak menutup kemungkinan pria juga bisa menjadi korban investasi bodong dengan iming-iming menggiurkan.

Baca Juga:
Begini Modus Penipuan Berkedok Investasi yang Memangsa Emak-Emak OJK Ungkap Alasan Pinjol dan Investasi Ilegal Masih Marak Meski Sudah Diberantas

"Korbannya siapa saja, itu ternyata perempuan juga banyak, ini kan biasanya mereka pendekatan dari emosional ya, dari keluarganya, atau dari orang dekatnya. Mereka jadi korban itu karena ketidaktahuan, ketidaktahuan bagaimana memahami pasar keuangan, atau investasi yang baik," ucap Mauldy usai memberikan sosialisasi investasi pasar modal ke perempuan di Kantor OJK Malang, Kamis (29/2/2024).

Kendati dia tak tahu angka pastinya, tapi Mauldy mengemukakan ada beberapa trik dan cara para investor bodong itu menggaet kliennya, terutama para kaum hawa. Beberapa di antaranya dibungkus dengan modus arisan dan Multi Level Marketing (MLM).

Baca Juga:
Begini Modus Penipuan Berkedok Investasi yang Memangsa Emak-Emak Raffi Ahmad Bantah Terima Hadiah dari Tersangka Investasi Ilegal Wahyu Kenzo

"Bungkusnya itu arisan, bungkusnya itu adalah perdagangan yang MLM ya. Itu modus-modus yang didekati, dan mendekat secara emosional perempuan itu gampang tergoda, itu yang umumnya data validnya enggak tahu, tapi saya pernah menemui komunitas yang ngeluh dengan investasi ilegal itu," terangnya.

Halaman : 1 2

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.