Note

EUR/USD. Dolar tidak menang, tapi euro kalah

· Views 23

Pasangan EUR/USD memiliki reaksi beragam terhadap laporan penting hari Kamis. Selama sesi Eropa hari Kamis, Jerman merilis data inflasi, dan indeks PCE inti diterbitkan pada awal sesi AS. Laporan Jerman berakhir di zona "merah", sedangkan laporan AS sesuai dengan level perkiraan. Pasangan ini jatuh pada paruh pertama hari, dan naik tipis pada paruh kedua hari, namun kemudian jatuh. Namun, pasangan ini tidak meninggalkan batas kisaran harga yang ditentukan. Selama dua minggu berturut-turut, para trader terus mengamati. Bisa dikatakan, "batas kepatutan", trading dalam kisaran angka ke-8 – sama seperti trading dalam batas-batas level harga ke-7 selama beberapa minggu (dari akhir Januari hingga pertengahan Februari).

Lihat juga: Anda dapat buka akun trading di sini.
EUR/USD. Dolar tidak menang, tapi euro kalah

Trader membutuhkan dorongan kuat – tidak terduga, beresonansi, dan sebaiknya bertahan lama. Rilis hari Kamis, seperti yang bisa kita lihat, tidak memenuhi ekspektasi tersebut. Meskipun menurut saya, pelaku pasar meremehkan pentingnya data Jerman, yang biasanya berkorelasi dengan data Eropa secara keseluruhan. Laporan inflasi zona euro akan diterbitkan pada hari Jumat, namun kesimpulan sudah dapat diambil. Kesimpulan itu, tentu saja, tidak menguntungkan mata uang tunggal.

Oleh karena itu, pertumbuhan pasangan ini pada siang hari, setidaknya, tidak logis, meskipun tidak diragukan lagi ada alasan formal untuk pertumbuhan tersebut – penurunan indeks PCE inti di Amerika Serikat. Namun, sangat berisiko untuk mempertimbangkan posisi long dalam kondisi saat ini, karena pasangan ini, pertama, jika naik, akan goyah, dan kedua, bahkan tidak dapat menembus level resistance menengah pertama di 1,0870 (garis atas pada indikator Bollinger Bands di grafik harian), belum lagi menaklukkan angka ke-9 (untuk mencapai hal ini, perlu untuk menembus penghalang berikutnya – 1,0890, sesuai dengan batas bawah Kumo cloud pada TF yang sama). Oleh karena itu, Anda sebaiknya hanya mempertimbangkan posisi long setelah bulls menetap di atas level 1,0890-1,0900. Anda dapat mempertimbangkan penjualan setelah pasangan ini menembus 1,0780 (garis tengah Bollinger Bands pada D1).

Namun, mari kembali ke laporan terbaru. Berdasarkan data, tingkat inflasi di Jerman diperkirakan sebesar 2,5% pada Februari 2024, dibandingkan perkiraan penurunan menjadi 2,6%. Ini merupakan level terendah sejak Juni 2021 (+2.4%). CPI telah menurun selama dua bulan berturut-turut setelah akselerasi yang tidak terduga (naik 3,7%) pada bulan Desember. Indeks Harga Konsumen Harmonisasi (HICP), yang lebih disukai ECB untuk digunakan dalam mengukur inflasi, berada pada level perkiraan, mencapai 2,7%. Indikator ini juga mengalami penurunan selama dua bulan berturut-turut – pada bulan Desember melonjak hingga 3,8%, pada bulan Januari turun hingga 3,1%, dan pada bulan Februari, seperti yang kita lihat, turun ke 2,7%.

Perhatikan bahwa pemerintah menaikkan harga CO2 nasional pada awal tahun, dan hal ini diperkirakan akan mempengaruhi biaya bahan bakar untuk transportasi, minyak pemanas, dan gas alam. Meskipun demikian, harga energi yang lebih murah di bulan Februari ternyata lebih rendah 2,4% dibandingkan harga bulan Februari tahun sebelumnya. Tingkat pertumbuhan harga pangan juga melambat secara signifikan – komponen laporan ini mencapai 0,9%.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah, menurut data terbaru dari German Institute for Economic Research (IFO), mayoritas perusahaan di Jerman tidak berniat menaikkan harga produknya. Faktor ini juga mendukung gagasan bahwa inflasi di Jerman akan terus menurun dalam beberapa bulan mendatang.

Semua ini menunjukkan bahwa tingkat inflasi Eropa secara keseluruhan mungkin juga akan berada di zona "merah". Laporan ini akan dipublikasikan pada 1 Maret. Menurut perkiraan, Indeks Harga Konsumen Zona Euro pada bulan Februari diperkirakan turun hingga 2,5%. Pada bulan Desember dan Januari, CPI secara konsisten meningkat, sehingga jika angka untuk bulan Februari sesuai perkiraan, euro akan berada di bawah tekanan. Apalagi mengingat CPI inti juga seharusnya menunjukkan tren menurun, turun menjadi 2,9%. Indikator ini terus menurun selama enam bulan – Februari seharusnya menjadi bulan ketujuh dalam rangkaian ini.

Oleh karena itu, euro mungkin berada di bawah tekanan signifikan pada hari Jumat jika data Eropa masuk ke dalam zona "merah" (yang sangat mungkin terjadi, mengingat dinamika CPI di Jerman).

Di sisi lain, Dolar bereaksi dengan tenang terhadap penurunan indeks PCE inti. Indeks utama Pengeluaran Konsumsi Pribadi (PCE) turun di bulan Januari menjadi 2,8% secara tahunan, seperti yang diperkirakan sebagian besar analis. Indikator ini telah menurun selama enam bulan berturut-turut, namun fakta ini tidak mengubah ekspektasi pasar mengenai tindakan Federal Reserve di masa depan. Pasar tetap yakin 100% bahwa The Fed akan mempertahankan suku bunganya tidak berubah di bulan Maret, 76% yakin bahwa The Fed akan mempertahankan suku bunganya di bulan Mei, dan 52% yakin bahwa mereka akan menurunkan suku bunganya di bulan Juni (menurut CME FedWatch Tool). Skenario probabilitas serupa telah ada bahkan sebelum rilis indeks inti PCE.

Singkatnya, kita dapat menyimpulkan bahwa pada akhirnya, dolar tidak menang, namun euro kalah. Dalam kondisi fundamental saat ini, sangat berisiko untuk mempertimbangkan posisi long (setidaknya sampai pasangan ini berkonsolidasi di atas 1,0890, garis atas Bollinger Bands pada grafik harian). Anda hanya dapat mempertimbangkan penjualan setelah pasangan ini berkonsolidasi di bawah target 1,0780 (garis tengah Bollinger Bands pada D1).

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.