Note

Program Makan Siang Gratis, Rencananya Pakai Anggaran Dana BOS

· Views 30

Pasardana.id - Program andalan makan siang gratis yang dicanangkan oleh Calon Presiden (Capres) Prabowo Subianto dan Wakil Presiden (Wapres), Gibran Rakabuming Raka direncanakan bakal menggunakan pembiayaan yang bersumber dari dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS).

Hal tersebut diungkap oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam simulasi di SMP Negeri 2 Curug, Tangerang pada Kamis (29/2). 

"Kami mengusulkan pola pendanaannya melalui Bantuan Operasional Sekolah spesifik atau BOS Spesifik atau BOS Afirmasi untuk khusus menyediakan makan siang untuk siswa, ada rekening terpisah," ujarnya.

Menko Airlangga menerangkan, dana program makan siang gratis itu nantinya bakal langsung disalurkan ke rekening sekolah.

Nantinya, kata Airlangga, bakal ada rekening terpisah antara penyaluran BOS Reguler dan BOS Spesifik.

Hal ini bertujuan agar ada evaluasi dan pemantauan yang jelas atas pembiayaan program tersebut.

Diketahui, dana BOS ini merupakan dana yang berasal dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Sementara BOS Afirmasi, merupakan program pemerintah pusat yang dialokasikan bagi satuan pendidikan dasar dan menengah yang berada di daerah khusus, yang ditetapkan oleh kementerian. 

Saat melakukan simulasi di SMP Negeri 2 Curug, Tangerang, Menko Airlangga hadir bersama dengan Pemerintah Kabupaten Tangerang juga didampingi oleh Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD), Ahmed Zaki Iskandar. 

Dalam simulasi ini, tedapat empat menu yang disediakan untuk program makan siang gratis ini, antara lain; gado-gado, siomay, serta dua paket nasi.

Ada pun total nilai setiap menu sebesar Rp15 ribu per sajian.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.