Note

Transformasi Bisnis, Emiten Petrokimia Prajogo Pangestu (TPIA) Rambah Sektor Infrastruktur

· Views 32
Transformasi Bisnis, Emiten Petrokimia Prajogo Pangestu (TPIA) Rambah Sektor Infrastruktur
Transformasi Bisnis, Emiten Petrokimia Prajogo Pangestu (TPIA) Rambah Sektor Infrastruktur (Foto: IDX Channel)

IDXChannel - Emiten petrokimia milik Prajogo Pangestu, PT Chandra Asri Pacific Tbk (TPIA) melakukan transformasi bisnis ke sektor infrastruktur.

Diversifikasi dilakukan agar TPIA tak hanya bergantung pada bisnis petrokimia mengingat potensi bisnis dan aset yang dimiliki perseroan.

"Kenapa TPIA bertransformasi dan masuk infrastruktur. Pada dasarnya infrastruktur ini sangat mendukung core bisnis kami Petrokimia," kata Direktur Sumber Daya Manusia dan Hubungan Korporat Chandra Asri Group Suryandi katanya kepada IDX Channel dalam Kegiatan Workshop Media Chandra Asri Group di Bandung, Kamis (29/2/2024).

Ia menjelaskan, perubahan nama perusahaan menjadi PT Chandra Asri Pacific Tbk dari sebelumnya PT Chandra Asri Petrochemical Tbk mempertegas langkah bisnis yang dilakukan.

Transformasi diawali pada 2023 dengan diakusisinya PT Krakatau Chandra Energi (dulunya PT Krakatau Daya Listrik) dan PT Krakatau Tirta Industri di sektor infrastruktur melalui anak usahanya PT Chandra Daya Investasi (CDI).

Anak usaha yang bergerak di bidang investasi infrastruktur strategis ini mengantongi investasi sebesar sebesar USD194 juta dari produsen energi independen asal Thailand Electric Generating Public Company Limited (EGCO).

Kedua perusahaan menggabungkan keahlian TPIA di sektor kimia dan infrastruktur dengan EGCO di bidang solusi ketenagalistrikan dan energi.

"CDI dapat memanfaatkan proyek ekspansi pemegang saham untuk meningkatkan permintaan energi, air, industri, tangki dan dermaga di masa depan," terang dia.

Direktur Legal, Hubungan Eksternal, dan Ekonomi Sirkular Chandra Asri Group Edi Riva’i menambahkan, , permintaan listrik Indonesia secara keseluruhan telah tumbuh pesat dan diproyeksikan akan tumbuh sebesar 5% CAGR di masa mendatang sehingga TPIA fokus pada pembangkit listrik, distribusi listrik, dan pengembangan energi terbarukan.

Kemudian permintaan industri air di Indonesia juga tumbuh sebesar CAGR 5% sejak 2013 dan diperkirakan akan terus tumbuh sebesar 4% pada 2030. Untuk sektor tangki, TPIA akan Fokus pada pelayanan tangki dan dermaga untuk produk kimia dan minyak bumi olahan dengan melayani klien terkemuka termasuk Chandra Asri, ThaiOil, dan ExxonMobil.

TPIA juga membangun Pabrik Chlor-Alkali dan Ethylene Dichloride (CAA-EDC) melalui anak usahanya, PT Chandra Asri Alkali untuk memperluas sektor kimia pada paruh kedua tahun ini. Chandra Asri Group juga meneruskan komitmennya untuk membangun kompleks petrokimia kedua berskala global (CAP2) dalam upaya membantu Indonesia mengurangi beban impor. 

"Chandra Asri Group tengah melakukan upaya rekonfiguransi dan diversifikasi untuk proyek CAP2 sebagai upaya memastikan tujuan pertumbuhan usaha strategis tetap terlaksana," tambah dia.

(DES)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.