Note

Smelter Freeport Ditargetkan Siap Beroperasi Juni 2024

· Views 20
Smelter Freeport Ditargetkan Siap Beroperasi Juni 2024
Foto: dok. PT Freeport Indonesia
Jakarta

Wakil Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Jenpino Ngabdi mengatakan pembangunan smelter berjalan lancar dan sesuai target. Ditargetkan smelter Freeport beroperasi Juni 2024.

"Progres pembangunan smelter saat ini sesuai dengan rencana dan siap beroperasi di bulan Juni 2024. Smelter PTFI akan mulai berproduksi di Agustus 2024 dan selanjutnya ramp up mencapai kapasitas penuh pada akhir Desember 2024," kata Jenpino dalam keterangan tertulis, Kamis (29/2/2024).

Hal tersebut diungkapkan olehnya saat bertemu dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif di Smelter PT Freeport Indonesia di Kawasan JIIPE, Gresik, Jawa Timur, hari ini.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dia mengatakan pembangunan Smelter ini merupakan mandat Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) PTFI. Smelter berlokasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) JIIPE, Kecamatan Manyar, Kabupaten Gresik.

"PTFI telah menanamkan investasi hingga US$ 3,1 miliar atau setara Rp 48 triliun per akhir Desember 2023. Ini merupakan smelter kedua PTFI. Smelter pertama dibangun pada 1996 dan dikelola oleh PT Smelting," ujarnya.

Dia mengatakan smelter tembaga dengan Design Single Line terbesar di dunia ini nantinya mampu memurnikan konsentrat tembaga dengan kapasitas produksi 1,7 juta ton dan menghasilkan katoda tembaga hingga 600.000 ton per tahun.

Produk utama smelter adalah katoda tembaga, emas dan perak murni batangan, serta PGM (Platinum Group Metal). Produk samping antara lain asam sulfat, gipsum, dan timbal.

"Setelah smelter beroperasi penuh pada akhir 2024, seluruh hasil tambang PTFI akan dimurnikan di dalam negeri. Hal ini akan meningkatkan nilai tambah dan memberikan kontribusi yang signifikan bagi penerimaan negara," ungkap Jenpino.

Sementara itu, Arifin Tasrif mengatakan pembangunan smelter tersebut sesuai dengan rencana. Dia pun optimistis smelter tersebut juga beroperasi Juni 2024.

Arifin mengatakan pembangunan pabrik pemurnian tembaga PTFI ini merupakan bagian dari program percepatan hilirisasi tambang yang dicanangkan pemerintah. Sebagai langkah penting untuk mewujudkan Indonesia sebagai negara maju.

"Progres pembangunan smelter ini sesuai rencana. Saya apresiasi kesungguhan Freeport dalam mendukung kebijakan hilirisasi tambang. Saya optimistis Smelter PTFI dapat beroperasi pada Juni 2024," tutup Arifin.



Simak Video "Jokowi Resmikan Ekspansi Smelter Freeport: Produksi Naik Jadi 1,3 Juta Ton"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ega)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.