Note

Wamendag Pede RI Menang Lawan Eropa soal Diskriminasi Sawit

· Views 16
Wamendag Pede RI Menang Lawan Eropa soal Diskriminasi Sawit
Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga/Foto: Dok. Kemendag
Jakarta

Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga meyakini Indonesia akan menang dalam sengketa diskriminasi sawit Uni Eropa. Dia meyakini, posisi Indonesia saat ini bagus.

"Dan DS 593 dari tahun 2020 sekarang 2024. Alhamdulillah puji Tuhan posisinya bagus. Saya tidak bisa disclose semua hasilnya, tapi saya yakin dan percaya bahwa kita akan memenangkan tuntutan ini," kata Jerry dalam acara CNBC Indonesia Economic Outlook 2024, Jakarta, Kamis (29/2/2024).

Dia menjelaskan, sawit Indonesia didiskriminasi Uni Eropa sehingga masuk World Trade Organization (WTO). Indonesia pun menuntut Eropa dengan nomor kasus DS 593.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Mereka alasannya kita tidak pro lingkungan, alasannya karena kita berbahaya produknya," katanya.

Berdasarkan penelusuran yang ia lakukan, persoalannya bukan soal lingkungan. Dia menyebut, permasalahannya ialah karena produk yang dihasilkan Eropa kalah saing dengan sawit Indonesia.

"Ternyata bukan soal lingkungan, ternyata soal produk mereka rapeseed sunflower tidak bisa berkompetisi sama CPO kita karena harganya mereka lima kali lipat lebih mahal," katanya.

"Mereka melakukan lobi kepada parlemen Uni Eropa supaya neken barang-barang kita masuk. Itu makanya kita tuntut Uni Eropa," katanya.

(acd/ara)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.