Note

CT Sebut Hilirisasi Tak Cukup, Ini yang Mesti Dilakukan buat Geber Ekonomi

· Views 18
CT Sebut Hilirisasi Tak Cukup, Ini yang Mesti Dilakukan buat Geber Ekonomi
Chairman sekaligus Founder CT Corp, Chairul Tanjung (CT)/Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta

Chairman and Founder of CT Corp, Chairul Tanjung (CT) mengatakan, nilai tambah hasil tambang harus dinaikkan setinggi-tingginya untuk kemakmuran rakyat. Salah satunya melalui hilirisasi yang seperti dilakukan oleh pemerintah saat ini.

Dengan demikian, tambang tidak hanya dikeruk. Hasil tambang itu diolah untuk memberikan nilai tambah.

"Pemerintah sekarang sudah melakukan namanya hilirisasi. Hasil tambang tidak cuma dikeruk di-shipment ke luar negeri dapat uang, tapi sekarang harus dibangun smelter untuk ada added value," katanya CNBC Indonesia Economic Outlook 2024 di The Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta, Kamis (29/2/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Namun, CT menyebut hal itu saja tak cukup. Sebab, hasil olahan smelter diekspor ke luar negeri. Di luar negeri, kemudian diolah lagi dan hasilnya diimpor lagi ke Indonesia.

"Apa cukup sampai di situ? Tidak cukup, kenapa, dari smelter tadi itu diekspor, diekspor nanti diolah menjadi hasil-hasil produksi hasil industri. Hasil industrinya kita impor lagi," katanya.

Menurut CT, hilirisasi harus dilanjutkan dengan industrialisasi. Ia menyebut, untuk nikel saja bisa menghasilkan 200 ribu produk.

"Oleh karenanya hilirisasi harus kita lanjutkan dengan industrialisasi. Contohnya nikel itu kalau kita bisa melakukan industrialisasi lebih dari 200 ribu produk yang bisa dihasilkan dari nikel itu. Mulai dari pelek mobil, sampai sendok, panci termasuk baterai listrik pun itu bisa digunakan dari hasil nikel," ungkapnya.

(acd/ara)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.