Note

Ajaib Luncurkan Fitur Investasi Obligasi, Bisa Jual dan Beli Kapan Saja

· Views 22
Ajaib Luncurkan Fitur Investasi Obligasi, Bisa Jual dan Beli Kapan Saja
Foto: Dok. Ajaib
Jakarta

Ajaib meluncurkan fitur jual beli obligasi kapan saja dalam rangka melengkapi layanan investasi bagi nasabah. Fitur investasi ini menawarkan berbagai pilihan obligasi termasuk FR0077 dengan tingkat kupon 8,125% dan FR0080 dengan tingkat kupon 7,5%, jauh lebih tinggi dibanding inflasi Desember 2023, yaitu 2,61%.

Layanan ini juga dilengkapi fitur daily coupon accrual sehingga investor tidak perlu menunggu sampai dengan 6 bulan untuk menerima kupon. Investor juga dapat melakukan jual beli obligasi kapan pun, di mana pun, tanpa perlu menunggu sampai masa jatuh tempo.

"Sebagai salah satu inovasi kami mendukung nasabah, Ajaib meluncurkan layanan jual beli obligasi kapan saja, termasuk di luar jam bursa. Tidak hanya itu, layanan ini juga dilengkapi dengan fitur akrual kupon setiap hari, sehingga investor tidak perlu menunggu selama 6 bulan untuk menerima kupon," ujar Direktur Utama PT Ajaib Sekuritas Asia Juliana dalam keterangan tertulis, Kamis (29/2/2024).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

"Melalui layanan jual beli obligasi di aplikasi Ajaib, investor dapat memaksimalkan potensi keuntungan investasi melalui trading serta berkesempatan untuk pendapatan tambahan dari kupon obligasi," imbuhnya.

Lebih lanjut, Juliana menjelaskan nasabah dapat memilih berbagai jenis investasi obligasi pemerintah pada platform Ajaib. Ia juga menjamin keamanan obligasi sehingga investor dapat semakin nyaman berinvestasi.

Selain itu, investor juga memperoleh return berupa kupon. Investor dapat memilih nilai kupon yang paling tinggi menggunakan fitur screening obligasi di aplikasi Ajaib. Obligasi FR 0077 memberikan tingkat kupon 8,125% merupakan obligasi dengan kupon tertinggi di aplikasi Ajaib.

"Saat ini, Ajaib telah menyediakan 25 jenis Obligasi pemerintah, termasuk FR0077 yang paling digemari nasabah Ajaib. Obligasi ini aman karena dijamin oleh pemerintah. Ke depannya, kami akan terus mengembangkan layanan investasi obligasi," jelas Juliana.

"Dengan semakin banyaknya opsi yang dilengkapi oleh sistem yang mumpuni, harapannya investor juga akan semakin nyaman berinvestasi sesuai dengan profil risiko dan tujuan investasi mereka. Ajaib juga berkomitmen untuk terus mengedukasi investor melalui berbagai program edukatif khusus obligasi. Hal ini sesuai dengan misi Ajaib untuk menyambut generasi baru ke layanan keuangan modern," sambungnya.

Obligasi saat ini memang merupakan salah satu instrumen yang digemari investor Indonesia. Berdasarkan Data Bursa Efek Indonesia, hingga Desember 2023, investor pasar modal yang terdiri dari investor saham, obligasi dan reksa dana meningkat 1,85 juta investor menjadi 12,16 juta investor dibanding tahun sebelumnya.

Financial Expert Ajaib Sekuritas Ratih Mustikoningsih pun mengatakan tahun 2024 dapat menjadi momen yang tepat bagi investor untuk melirik obligasi. Pasalnya, harga obligasi domestik diprediksi mengalami kenaikan akibat penurunan yield US Treasury.

"Narasi pemangkasan suku bunga The Fed pada Semester-II 2024 berpotensi menurunkan imbal hasil obligasi AS atau yield US Treasury dan mendongkrak harga obligasi. Yield US Treasury tenor 10 tahun saat ini berada di level 4,23%, lebih rendah dari puncaknya di tahun 2023 sebesar 5% yang menjadi level tertinggi sejak krisis subprime mortgage di tahun 2007. Penurunan yield US Treasury tersebut turut berdampak positif bagi kenaikan harga obligasi domestik. Alhasil, investor dapat memanfaatkan potensi kenaikan harga obligasi tersebut di pasar sekunder," pungkasnya.

(akd/ega)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.