Note

IHSG Hari Ini Kelabu, Dibuka Melemah ke 7.323

· Views 15
IHSG Hari Ini Kelabu, Dibuka Melemah ke 7.323
Ilustrasi saham - Foto: Getty Images/iStockphoto/Orientfootage
Jakarta

Indeks harga saham gabungan (IHSG) dibuka pada zona merah. IHSG turun 5 poin (0,07%) ke level 7.323.

Mengutip data RTI Kamis (29/2/2024), IHSG berada di level tertingginya pada 7.337 dan terendahnya 7.315.

Sementara itu, dikutip dari riset Ajaib Sekuritas, IHSG hari ini (29/2) diprediksi bergerak mixed dan menguat terbatas dalam range 7.280-7.360. Adapun sentimen yang mempengaruhi pergerakan IHSG hari ini antara lain, dari dalam negeri, pelaku pasar menantikan momentum RUPS Tahunan Big Banks yang akan dilaksanakan mulai pekan depan, dimana salah satu agendanya terkait pembayaran dividen.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dividend Payout Ratio (DPR) diproyeksikan mengalami kenaikan sejalan dengan solidnya kinerja emiten perbankan untuk buku 2023. Di sisi lain, rupiah kembali terdepresiasi setelah The Fed mempertimbangkan untuk menahan suku bunga "higher for longer". Nilai tukar rupiah Jisdor terdepresiasi 1,29% sejak awal tahun 2024 (ytd) menjadi di level Rp15.673 per dolar AS (28/2).

Dari mancanegara, kawasan Eropa melaporkan sentimen pelaku usaha dan konsumen terhadap kondisi keuangan dan situasi ekonomi melemah. Indikator sentimen ekonomi pada Februari 2024, turun di level 95,4 dari posisi bulan Januari 2024 sebesar 96,1.

Turunnya keyakinan tersebut akibat inflasi yang masih di atas target menyebabkan naiknya suku bunga dan berdampak pada kenaikan biaya kredit. Dari Asia, penjualan ritel (retail sales) di Jepang pada Januari 2024 tumbuh 2,3% yoy atau lebih rendah dari pertumbuhan bulan sebelumnya sebesar 2,4% yoy.

(kil/kil)

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.