Note

"Hard landing" dapat menimpa perekonomian Inggris

· Views 26

Hard landing dapat menimpa perekonomian Inggris

Kemarin, kami mengetahui bahwa perekonomian AS belum siap untuk "mendarat", karena inflasi jauh di atas level target. Namun, hampir tidak ada yang meragukan "soft landing" perekonomian AS saat ini. Hal berbeda terjadi pada perekonomian Inggris yang mengalami permasalahan sejak tahun 2016. Inflasi di Inggris mencapai dua kali lipat dari targetnya, inflasi inti bahkan lebih tinggi, upah tumbuh terlalu cepat, dan perekonomian telah memasuki tahap resesi. Akibatnya, situasi perekonomian Inggris jauh lebih buruk dibandingkan AS.

Namun, untuk membuat kesimpulan seperti itu, semua indikator di atas bahkan tidak diperlukan. Perekonomian Inggris telah melalui masa-masa sulit sejak referendum Brexit. Diperkirakan negara tersebut telah kehilangan sekitar 160 miliar euro akibat keputusan untuk meninggalkan Uni Eropa. Namun, keputusan mengenai suku bunga harus diambil untuk mencegah kontraksi ekonomi lebih lanjut.

Ada dua pilihan di sini. Jika inflasi menunjukkan perlambatan yang signifikan dalam beberapa bulan mendatang, BOE dapat mulai melonggarkan kebijakan moneternya pada awal musim panas. Ini adalah skenario yang paling optimis. Skenario kedua melibatkan penurunan indeks harga konsumen yang lebih lambat. Dengan demikian, BOE akan membutuhkan lebih banyak waktu untuk mempertahankan suku bunga pada puncaknya, dan kecil kemungkinannya untuk mencapai "soft landing" bagi perekonomian.

Swati Dhingra, salah satu anggota BofE, berpendapat bahwa kebijakan regulator harus mengutamakan tugas dan tujuan jangka panjang. Setiap perubahan dalam kebijakan moneter memerlukan waktu bagi perekonomian untuk bereaksi. "Prospek inflasi tidak terlihat terlalu optimis. Indeks harga konsumen menurun, namun dinamikanya dapat berubah setiap bulan. Konsumsi di Inggris lebih rendah dibandingkan sebelum pandemi dan sangat kontras dengan Eropa dan Amerika," jelas Dhingra.

Anggota Komite Kebijakan Moneter juga menunjukkan bahwa menahan suku bunga secara berlebihan pada puncaknya akan mengurangi kemungkinan terjadinya "soft landing". Pernyataannya tidak berarti bahwa BOE akan melakukan segalanya untuk mencapai "soft landing" ini, namun kita tidak bisa mengabaikan resesi yang sedang berlangsung di Inggris.

Berdasarkan hal di atas, penurunan suku bunga di Inggris juga tidak lama lagi akan terjadi. Saya masih memperkirakan penurunan permintaan pound.

Analisis gelombang untuk EUR/USD:

Berdasarkan analisis EUR/USD, konstruksi gelombang bearish terus berlanjut. Gelombang 2 atau b telah mengambil bentuk yang lengkap, jadi dalam waktu dekat, saya perkirakan gelombang impulsif ke bawah 3 atau c akan terus terbentuk dengan penurunan signifikan pada instrumen. Gelombang korektif internal sedang terbentuk, yang mungkin berakhir pada hari ini atau besok. Saya hanya mempertimbangkan penjualan dengan target di sekitar angka perhitungan 1,0462, setara dengan 127,2% menurut Fibonacci.

Analisis gelombang untuk GBP/USD:

Pola gelombang pada instrumen GBP/USD masih menunjukkan penurunan. Saat ini, saya sedang mempertimbangkan untuk menjual instrumen dengan target di bawah 1,2039 karena gelombang 2 atau b tidak dapat bertahan selamanya, sama seperti pergerakan sideways. Upaya sukses menembus 1,2627 menjadi sinyal penjualan. Namun, saat ini, saya juga dapat menyoroti pergerakan sideways baru dengan batas bawah di level 1,2500. Level tersebut saat ini menjadi batas penurunan Pound. Gelombang 3 atau c dari tren turun masih belum dimulai.

Disclaimer: The content above represents only the views of the author or guest. It does not represent any views or positions of FOLLOWME and does not mean that FOLLOWME agrees with its statement or description, nor does it constitute any investment advice. For all actions taken by visitors based on information provided by the FOLLOWME community, the community does not assume any form of liability unless otherwise expressly promised in writing.

FOLLOWME Trading Community Website: https://www.followme.com

If you like, reward to support.
avatar

Hot

No comment on record. Start new comment.